JEMBER, (News Indonesia) – Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan baru Perumdam Tirta Pandalungan mengadakan Gala Sapa Pelanggan dalam rangka gebyar promo layanan pasang baru sambungan rumah.
Gala Sapa Pelanggan yang digelar di Hotel Fortuna Grande, Sabtu (7/12/2024) sore, merupakan even kali kedua yang diadakan Perumdam Tirta Pandalungan setiap tahunnya.
Direktur Utama Perumdam Tirta Pandalungan Miftahur Ridho mengatakan, Gala Sapa Pelanggan merupakan sarana untuk menciptakan ikatan emosional antara perusahaan dengan pelanggan.
“Intinya kami ingin menciptakan bounding antara perusahaan dengan pelanggan kami khususnya pelanggan baru. Karena kaitan dengan itu, ini Gala Sapa adalah rangkaian promo yang kami lakukan di periode tahun 2024,” kata Ridho.
Gala Sapa Pelanggan dihadiri ratusan pelanggan baru yang tercatat baru terdaftar di tahun 2024.
Tahun ini, kata Ridho, ada 1500 pelanggan baru dengan kata lain ada peningkatan sebesar 20% dari tahun 2023.
“Target kami di Desember 2024 ada 45.300 pelanggan dan sekarang posisinya sudaj di 45.250 pelanggan jadi kurang 50 orang lagi target kami sudah tercapai untuk tahun buku 2024,” ujarnya.
Ridho mengaku telah melakukan sejumlah inovasi terutama dalam soal promosi. “Kami bisa meng-create banyak promo, salah satu puncaknya ya pada sore hari ini ada pengundian hadiah umroh untuk pelanggan yang beruntung. Selain itu tentu saja banyak sekali gebyar hadiah pada even ini,” imbuhnya.
Bertambahnya pelanggan baru tentu saja juga mengerek pendapatan asli daerah (PAD) Jember yang disumbangkan oleh Perumdam Tirta Pandalungan sebagai Badan Usaha Milik Daerah.
Setoran PAD dari Perumdam Tirta Pandalungan tahun 2024 mencapai Rp 1,5 miliar naik daripada tahun 2023 diangka Rp. 1,25 miliar.
Ridho menyebut, pada tahun 2025 pihaknya akan melakukan ekspansi besar dengan target 7.700 pelanggan baru. “Mengukur cashflow kami siap untuk lompat lebih besar di 2025,” ucapnya optimis.
Farid Wajdi selaku anggota Dewan Pengawas Perumdam Tirta Pandalungan mengatakan bahwa kinerja perusahaan milik Pemkab cukup bagus meskipun tidak memenuhi target.
“Sejauh pengamatan kami selama 2 tahun menjadi dewan pengawas, kaitannya dengan kinerja khususnya dalam perawatan pelanggan menurut kami cukup bagus meskipun pelanggannya baru hampir 50 ribu, masih belum memenuhi target,” ungkap Farid.
Menurutnya, salah satu faktor yang mempengaruhi ekspansi Tirta Pandalungan terganggu yakni kurangnya debit air di tengah masyarakat.
“Saya amati kekurangan debit air yang menyebabkan kurang maksimalnya dalam melayani pelanggan baru, khususnya di kawasan-kawasan tertentu. Harapan kami tahun 2025 akan dibuka unit-unit produksi baru, dan yang sudah direncanakan ada di 4 tempat di kawasan kota,” pungkasnya.
Comment