Pemkab Jember Dukung Ketahanan Pangan Sektor Perikanan

Foto: Forkopimda Jember menebar benih ikan di sungai Desa Ajung Kalisat sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan sektor perikanan.

JEMBER, (News Indonesia) – Gagasan Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rahmat Cahyo Dinarso dalam upayanya mendukung ketahanan pangan di sektor perikanan mendapat apresiasi dari Pemkab Jember.

Wakil Bupati KH MB Barlaman bersama jajaran Forkopimda pun meninjau langsung penebaran benih ikan di sungai yang terletak di Desa Ajung Kecamatan Kalisat, Jumat (9/6/2023).

Wabup Gus Firjaun di tengah kegiatan menyampaikan, inisiasi dari Kodim Jember patut mendapat dukungan karena memperkuat ketahanan pangan di wilayah bisa dilakukan melalui banyak sektor. Dia berharap, kegiatan serupa bisa digalakkan di setiap desa di Kabupaten Jember.

Baca Juga: Penyakitnya Kambuh, Ibu di Silo Jember Bunuh Anak Kandungnya

“Kita ketahui ikan begitu banyak manfaatnya. Mulai dari proses produksinya pengolahan penjualan ikan bisa menaikkan perekonomian. Sementara dagingnya bagus bagi tubuh karena terdapat nutrisi yang bagus,” jelasnya.

Agara kelestarian ikan tetap terjaga dengan baik, dibutuhkan kerjasama agar masyarakat menjaga kebersihan dan kesehatan terutama di fasilitas umum seperti sungai.

“Jangan sungai jadi tempat untuk membuang sampah, atau hal lain yang tidak bermanfaat dan merusak lingkungan. Jika dimanage dengan baik sampah itu bisa menjadi duit,” tutur Gus Firjaun.

Baca Juga: Penyakitnya Kambuh, Ibu di Silo Jember Bunuh Anak Kandungnya

Dalam hal ini, peran serta seluruh stakeholder dibutuhkan dalam mengedukasi masyarakat. Dengan pengelolaan yang baik dalam memasarkan potensi kawasan desa tentunya perlu kerjasama dengan pihak desa.

“Banyak sekali dari teman-teman kita yang bisa mengelola dan kami berharap ini bisa dijadikan salah satu sumber pendapatan desa melalui wisata,” tutur Gus Firjaun.

Sementara itu, Letkol Inf Rahmat Cahyo Dinarso menjelaskan bahwa ia terinspirasi dari kehidupannya di kampung. Oleh karenanya, ia ingin menuai tabur kebaikan demi terciptanya sungai yang bersih.

“Mudah- mudahan dengan kegiatan menabur ikan ini membuat orang tidak membuang kotoran dan sampah lagi ke sungai dan menjaga kelestarian sungai. Kita maunya bukan cuma di Kecamatan Kalisat saja tapi di seluruh Kecamatan di Kabupaten Jember sehingga bisa dijadikan pilot project seluruh indonesia,” ungkapnya.

Sampai saat ini, terdapat sekitar 15 ribu bibit dari berbagai jenis ikan yang telah dilepas. Ke depannya, akan ada diskusi lebih lanjut bagaimana caranya memajukan Jember khususnya pengembangan pariwisata.

“Untuk jalan yang belum di aspal mudah-mudahan ada pehatian untuk perbaikan. Sehingga masyarakat Desa ini beraktivitas dengan produktif dan perekonomian bisa meningkat,” pungkasnya. (*)

Comment