Oknum PNS Sampang Aktif di Parpol, Ini Jawaban Mengejutkan Bupati Fadhilah

SAMPANG, (News Indonesia) – Sungguh menarik untuk disimak dalam Surat Keputusan (SK) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) nomer 09-0331/kpts/DPP/Gerindra/2017. Tentang susunan personalia Dewan Penasehat DPC Gerindra Sampang, Madura.

Sebab, Dewan Penasehatnya diketuai oleh H. Hermanto Subaidi selaku Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas sebagai staf kantor Kelurahan Polagan Sampang.

Hal itu lantas menjadi perbincangan publik. Pasalnya, meski yang bersangkutan telah mengajukan pengunduran dirinya sebagai abdi negara, H Hermanto belum resmi mendapatkan surat lepas tugas dari statusnya sebagai PNS.

Dengan adanya salah satu PNS yang berkecimpung di dalam partai politik itu, Bupati Fadhilah Budiono tidak melakukan pemecatan.

Padahal, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Salah satu aturan yang tertuang dalam PP yakni pemberhentian PNS dengan tidak hormat jika PNS berpolitik atau menjadi pengurus politik.

Peraturan untuk PNS itu ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 30 Maret 2017. Mulai berlaku sejak diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly pada 7 April 2017.

Bupati Sampang, Fadhilah Budiono saat ditemui mengaku jika satu PNS-nya yang masuk dalam kepengurusan parpol DPC Gerindra itu, masih digaji oleh negara.

Sebab, yang bersangkutan belum resmi menjadi warga sipil alias masih berstatus PNS/ASN.

“Kalau sudah mengundurkan diri enggak apa-apa berpolitik, kalau gajinya memang belum diputus berbarengan dengan SK pengunduran diri nanti, ya gajinya masih tetaplah sebelum SK turun,” kata Fadhilah Budiono, Selasa (7/11/2017).

Terpisah, Selamet Terbang selaku Kepala kantor BKPSDM setempat ketika ditanya adanya nama PNS Sampang, Madura, yang masuk dalam kepenggurusan Parpol, pihaknya enggan memberikan komentar.

Bahkan, ia meminta untuk mengklarifikasi kepada kantor Bakesbangpol .

“Maaf, tanya saja kepada kepala Bakesbangpol, Beliau yang lebih tahu,” kata Selamet Terbang.

Namun, arahan Selamet untuk menemui kepala Bakesbangpol kembali mentah lantaran Rudi Setiyadi juga enggan memberikan keterangan kepada sejumlah awak media.

“Kalau tanya itu saya no coment,” singkatnya sambil meninggalkan sejumlah wartawan dan bergegas pergi menggunakan mobil dinasnya.

Sekadar diketahui, selain nama Hermanto Subaidi, dalam isi surat susunan personalia dewan penasehat DPC Gerindra Sampang, juga ada nama Fadhilah Budiono, yang saat ini menjabat sebagai Bupati Sampang. (Nor/Jie)

Comment