IGD RSUD Moh. Anwar Sumenep Selalu Prioritaskan Pasien Ikut Program UHC, Gratis dengan Pelayanan Terbaik

Foto: Kepala IGD RSUD Moh Anwar Sumenep dr. Arya Rasi Putranto, Sp.B, saat foto bersama tim dokter IGD.

SUMENEP, (News Indonesia) – Layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep benar-benar menyajikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Selain tenaga medis yang terlatih untuk sigap dalam 24 jam, rumah sakit plat merah ini juga selalu menawarkan kepada pasien untuk ikut program UHC.

Bahkan pasien benar-benar diyakinkan agar ikut program UHC. Selain karena pasien tidak perlu membayar biaya rumah sakit, kehadiran program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, dalam pelayanan kesehatan atau lebih dikenal dengan sebutan Universal Health Coverage (UHC), membuat rumah sakit dibawah pimpinan dokter Erliyati ini berkomitmen untuk selaras dengan keinginan Bupati dalam program UHC, yaitu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat secara gratis.

Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, dr. Erliyati melalui kasi Informasi Erfin Sukayati, menyampaikan bahwa warga cukup menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) saat berobat dan rawat inap di IGD.

Baca Juga: Momentum Idul Fitri 1445 Hijriyah, Ketua DPRD Sumenep Ajak Semua Pihak Majukan Sumenep

“Layanan IGD adalah layanan pertama yang menerima pasien dengan kondisi membutuhkan tindakan emergency, pasien bisa memanfaatkan UHC sehingga semua pembiayaan pasien mulai dari awal masuk IGD hingga sembuh benar-benar gratis,” terangnya. Kamis (25 April 2024).

Bahkan untuk pasien sembuh yang beralamat di area dalam kota Sumenep akan diantar hingga halaman rumahnya.

Saat ini masih ada pasien yang tidak begitu paham akan manfaat program UHC. Sehingga mereka berobat dan rawat inap menggunakan cara bayar umum, dengan anggapan bahwa pasien UHC/BPJS pelayanannya akan dibedakan.

“Justru kami prioritaskan masyarakat untuk ikut UHC. Artinya ini komitmen kami dalam melaksanakan program UHC. Jadi tidak ada perbedaan, semua sama akan kami beri pelayan sepenuh hati tanpa membedakan pasien sebagaimana janji layanan yang kami pampang di setiap sudut rumah sakit,” tuturnya.

Harapannya, dengan adanya program UHC semua berobat ke rumah sakit itu gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun untuk memberikan akses masyarakat terhadap pelayanan yang berkualitas tetapi gratis.

“Untuk itu, dapat dipastikan layanan IGD RSUD H Moh Anwar siap melayani 24 jam secara gratis bagi masyarakat yang berkenan ikut UHC,” pungkasnya. (*)

Comment