Buka Kursus Kepemimpinan Peningkatan SDM, Bupati Jember Tekankan Peran Penting Kades Bagi Masyarakat

Bupati Jember Hendy Siswanto di tengah-tengah para kepala desa yang mengikutu Kursus Kepemimpinan Peningkatan Kapasitas SDM.

JEMBER, (News Indonesia) – Bupati Hendy Siswanto membuka Kursus Kepemimpinan Peningkatan Kapasitas SDM Bagi kepala Desa Angkatan 1 tahun 2022 yang berlangsung di Aula Secaba Rindam Brawijaya V, Sabtu (26/11/2022).

Acara tersebut diikuti oleh 80 kepala desa untuk mengikuti pelatihan kepemimpinan tingkat desa.

Bupati Hendy menilai peran kades adalah sangat penting, karena mereka lah yang paling dekat dengan masyarakat.

Oleh sebab itu, bupati mengajak seluruh kades untuk menyamakan visi misi dalam melayani masyarakat dengan baik.

“Mari kita bekerja dan melayani jangan hitung-hitungan. Hibahkan tenaga dan waktu sepenuhnya hanya untuk rakyat,” pesannya kepada kades.

Hendy mengingatkan kembali ketika terpilih sebagai kepala desa maka sesungguhnya jiwa dan raganya sudah milik masyarakat desanya, sehingga wajib menjadi pelayan yang tulus dan maksimal memberi manfaat bagi warganya.

Ia juga mengingatkan para Kades untuk berhati-hati dalam mengelola keuangan yang ada. Terutama bagi yang baru menjalani tugasnya sebagai Kades setahun terakhir ini.

“Jangan sampai salah mengelola keuangan, sebab KPK itu tidak peduli apakah Kades itu sudah paham atau belum tentang manajemen keuangannya,” tegasnya.

Bupati mengajak para kades untuk menyatukan visi dan misi untuk menyukseskan program kerja Pemkab Jember. Dalam hal ini, kerja sama dan kolaborasi serta akselerasi sangat dibutuhkan dengan semua pihak terkait.

“Kita harus kerja sama jangan sendiri sendiri. Menjadi kades itu berat, panjenengan adalah pioner masyarakat,” tandas Bupati. (*)

Comment