Mutasi Kapolres Banyuwangi, 14 Perwira Juga Ikut Geser

BANYUWANGI, (News Indonesia) – Mutasi Kapolres Banyuwangi AKBP Agus Yulianto SIK ternyata diikuti pergeseran tugas 14 perwira menengah dan pertama di internal Polres Banyuwangi. Sebanyak 10 dari 14 perwira saling bertukar posisi untuk menempati 10 jabatan kepala polisi sektor.

Rotasi tertuang dalam Surat Telegram Kapolda Jatim Irjen Machfud Arifin Nomer 2405 tertanggal 27 November 2017. Kompol Toha Choiri yang sebelumnya menjabat Kapolsek Rogojampi menggeser Kompol Agus Dwi Jatmiko (DJ, red) selaku Kapolsek Muncar. Tapi posisi Agus DJ tetap aman karena menempati kursi sebagai Kapolsek Genteng yang berstatus urban. Kabagops Polres Situbondo Kompol Suharyono datang menggantikan Kompol Toha Choiri.

Lalu kemana Kompol Sumartono pasca digantikan oleh rekan sejawatnya, Kompol Agus DJ? Tugas lebih luas justru akan diemban oleh pamen asal Kota Banyuwangi karena menempati posisi baru selaku Kabagops Polres Situbondo. Bagi Sumartono, kepindahannya ke Kota Santri bukan yang pertama.

Sebelum pulang kampung ke Bumi Blambangan dia pernah menjadi Kabag Perencanaan di polres berjuluk African Van Java. “Ini amanah, ya harus dijalani,” terangnya singkat menanggapi kabar mutasi.

Takdir baik juga berpihak kepada AKP Bakin. Kasubag Humas Polres Banyuwangi yang kurang lebih satu tahun bersinergi dengan awak media mendapat berkah baru menjabat Kapolsek Songgon yang ditinggalkan AKP Suwanto Barri yang memasuki masa pensiun. Ironisnya, Bakin belum tahu siapa perwira yang bakal menggantikan posisinya sebagai corong institusi kepolisian.

“Kasubaghumas pengganti biasanya diusulkan, sementara masih kosong,” jelasnya menjawab pertanyaan wartawan di grup WhatsApp (WA) salah satu Media Harian, Selasa (28/11/2017).

Kasubag Hukum Polres Banyuwangi AKP Abdul Jabbar juga mendapat durian runtuh. Mantan Kasubag Humas sebelum era AKP Bakin ini sesuai keinginan bisa memimpin Kepolisian Sektor Kalibaru. Wilayah ujung barat Banyuwangi yang berbatasan dengan Jember merupakan daerah tinggal AKP Jabbar. Sementara, AKP Bambang Suprapto yang meninggalkan Kalibaru mendapat jatah kursi Kapolsek Tegalsari menggantikan AKP Suhardi yang pindah ke Polsek Sempu. Dan, Kapolsek Sempu AKP Jaenur Holiq merupakan pejabat Kasubag Hukum Polres Banyuwangi yang baru.

Posisi di Polsek Pesanggaran turut pula berubah. AKP Sudarsono yang lama menginginkan pindah tugas akhirnya terwujud. Perwira pertama asal Kota Santri ini akhirnya pulang kampung dengan menempati jabatan Kasubag Binops Bagops Polres Situbondo. Kursi yang dia tingggalkan diisi oleh AKP Heri Purnomo yang selama beberapa tahun ini menjadi Kapolsek Tegal Dlimo. Selanjutnya, jabatan yang ditinggal Heri Purnomo akan ditempati oleh Kasubag Dalops Bagops Polres Banyuwangi AKP Mohammad Munir.

Kapolsek Kabat AKP Hery Subagyo turut memasuki masa pensiun seperti Kapolsek Songgon AKP Suwanto Barri. Kapolsek Kalipuro AKP Supriyadi masuk menjadi pengganti. Sedangkan perwira dari Polres Probolinggo, AKP I Ketut Wijaya Kesuma, mengisi kursi yang ditinggalkan AKP Supriyadi.

Serah terima jabatan para perwira menengah dan pertama ini masih belum pasti. Saat ini jajaran Polres Banyuwangi masih fokus menyiapkan acara lepas pamit AKBP Agus Yulianto yang pindah tugas ke Maluku Utara dengan jabatan Wakil Direktur Kriminal Khusus Polda Maluku Utara. Penggantinya adalah Kapolres Trenggalek AKBP Dony Adityawarman. Berdasarkan telegram dari Polda Jatim, para perwira yang kena mutasi diberi tenggat waktu satu minggu untuk menempati posisi barunya. (Har/Jie)

Comment