Aksi Solidaritas Guru Budi, Berikut Sederet Tuntutan Ribuan Massa

SAMPANG, (News Indonesia) – Ribuan massa yang terdiri dari unsur ormas, guru, mahasiswa dan pelajar mengelar aksi solidaritas meninggalnya guru Achmad Budi Cahyanto (ABC) yang menjadi korban penganiayaan muridnya sendiri di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Torjun, Kabupaten Sampang, Madura.

Pantauan di lokasi, massa berkumpul di depan kantor pemkab setempat guna melaksanakan salat Gaib. Selanjutnya massa berorasi di depan Mapolres untuk mendesak aparat hukum memproses kasus penganiayaan ini hingga tuntas

Moh. Salim, korlap aksi solidaritas guru Budi menegaskan, meninggalnya Achmad Budi Cahyanto, guru honorer yang mengajar seni rupa di SMA N 1 Torjun, menjadi atensi masyarakat luas.

“Publik berharap hukum berjalan on the track dan tidak ada intervensi dari pihak manapun,” teriaknya di hadapan ribuan massa, Kamis (8/2/2018).

Menurutnya, melalui gerakan ini dirinya bersama masyarakat berharap dapat memberi inspirasi dan spirit bagi aparat penegak hukum supaya menangani perkara ini tanpa terpengaruh intervensi dari pihak manapun termasuk Bupati Sampang, yang beberapa waktu lalu meminta tersangka sekaligus siswa atas nama Halili untuk direhabilitasi.

Baca Juga: Aksi Solidaritas, Ribuan Massa Se Madura Datangi Polres dan Kejari Sampang 

Aksi solidaritas ini merekomendasi beberapa hal, diantaranya penerapan pasal yang tepat untuk perkara Ahmad Budi Cahyanto agar menjadi perhatian bagi pelaku tindak pidana.

Selain itu, mereka menolak intervensi dari elemen apapun terhadap tragedi yang menimpa Ahmad Budi Cahyanto. Untuk pelaku harus diproses sesuau aturan hukum yang berlaku.

“Kami mendesak agar aparat penegak hukum menerapkan restorative justice sehingga terwujud keadilan bagi korban dan efek jera bagi pelaku,” tegasnya.

Aksi solidaritas dari berbagai unsur diantaranya berkibar bendera GMNI, HMI, Kahmi, Osis dan persatuan guru sukwan itu, tidak hanya mengelar aksi di depan Mapolres. massa juga mendatanggi kantor Kejaksaan Negeri setempat, untuk melakukan aksi serupa. (Met/Jie)

Comment