Disdukcapil Jember Beri Layanan Khusus kepada Lansia

Foto: Petugas Disdukcapil Jember mendatangi rumah warga lansia untuk perekaman e-KTP.

Foto: Petugas Disdukcapil Jember mendatangi rumah warga lansia untuk perekaman e-KTP.

JEMBER, (News Indonesia) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Jember memberikan pelayanan khusus kepada masyarakat lanjut usia dan penyandang disabilitas dalam kepengurusan adminduk.

Terbaru, Disdukcapil mendatangi rumah warga lansia di Desa/Kecamatan Ajung untuk memberikan layanan perekaman data KTP elektronik atau e-KTP, Jumat (20/5/2022).

Kasi Identitas Penduduk Disdukcapil Ana Sanjaya mengatakan, kegiatan itu merupakan wujud dari program jemput bola dalam pelayanan kepada masyarakat.

Layanan ini, dilakukan untuk mempermudah warga mengurus adminduk khususnya bagi warga yang lansia maupun warga dengan keterbatasan fisik atau disabilitas.

“Layanan ini khusus untuk para lansia dan disabilitas yang tidak bisa ke kantor kecamatan,” ucapnya.

Ana menambahkan, program jemput bola ini dilaksanakan ketika ada warga yang melapor via WA center Disdukcapil.

“Dalam kasus ini, beliau tidak memiliki adminduk sama sekali. Jadi kami langsung turun ke lapangan dengan mengunjungi rumah beliau setelah ada laporan dari keluarga via WA center Disdukcapil,” tambahnya.

Program jemput bola semacam ini, ke rumah-rumah warga sering dilakukan Disdukcapil. Dalam setiap kegiatan itu petugas dilengkapi dengan peralatan perekaman sehingga masyarakat tidak perlu keluar rumah. (*)

Comment