Penebangan Pohon di Depan Dino Park di Protes Pemuda Muhammadiyah

KOTA BATU, (News Indonesia) – Penebangan pohon besar didepan Dino Park (Jatim Park 3) di Jalan Soekarno Beji kecamatan Junrejo Kota Batu menunai protes dari warga dan komunitas pecinta lingkungan, salah satunya adalah dari Pemuda Muhammadiyah Kota Batu.

Erfanudin ketua bidang Hukum HAM Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Batu mengatakan bahwa penebangan pohon di depan Dino Park atau di Jatim Park 3 itu merupakan perusakan lingkungan yang akan berdampak pada laju degredasi lingkungan di Kota Batu.

“Oleh sebab itu kami dari Bidang Hukum dan HAM Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah kota Batu meminta penjelasan kepada Dinas lingkungan Hidup (DLH) kota Batu, Dinas PU Tata Ruang kota Batu, terkait Peenebangan pohon di depan dino Park,” Kata Erfanudin saat ditemui, Selasa (24/10/2017 siang.

Baca Juga: Ini Akhir Perjalanan Pasangan LGBT di Jember 

Selain meminta penjelasan ke DLH, dirinya juga menyampaikan kepada Plt Walikota Batu Punjul Santoso dan DPRD kota Batu. Sekaligus menyampaikan pernyataan sikap tegas pemuda Muhammadiyah kota Batu menolak apapun bentuknya penebangan pohon secara serampangan dan perusakan lingkungan di kota Batu.

“Penyataan sikap itu diantaranya meminta pertanggungjawabkan seluruh pihak terkait atas penebangan pohon disekitar jalan-jalan di kota Batu,” jelas Erfanudin.

Berikutnya, kata dia, Pemuda Muhammadiyah mendesak kepada pemerintah pusat maupun daerah untuk mengembalikan fungsi jalur hijau di wilayah kota Batu. Dan berikutnya memintah pemerintah mengkaji ulang terhadap perijinan di jalaur hijau.

“Mestinya, pemerintah paham bahwa pohon yang berada ditepi jalan itu adalah merupakan sumber kehidupan mausia yang membuat udara dingin, sri sejuk dan segar. Jangan ditebang begitu saja demi kepentingan tertentu, demi kepentingan sesaat,” imbuhnya. (Adi/Jie)

Comment