Berkah Mal UMKM, Daya Beli Produk Usaha Mikro di Sumenep Meningkat

Foto: Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat mengecek sejumlah produk di Mal UMKM, setelah diresmikan pada 27 Juni 2022 lalu. 

Foto: Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat mengecek sejumlah produk di Mal UMKM, setelah diresmikan pada 27 Juni 2022 lalu. 

SUMENEP, (News Indonesia) – Pelaku UMKM mulai merasakan manfaat keberadaan Mal UMKM yang disediakan Pemerintah Kabupaten Sumenep, sebagai wadah terpusat untuk memasarkan beragam produk unggulan tangan-tangan terampil pelaku usaha kecil.

Bahkan keberadaan mal yang baru beberapa waktu lalu diresmikan itu sudah mulai menunjukkan tran positif penjualan para pelaku UMKM.

Salah seorang pelaku UMKM Windu Agung dari Desa Tanah Merah, Kecamatan Saronggi, Syamsuri Fathollah menuturkan, dirinya bersama pelaku UMKM lainnya sejak memasarkan berbagai jenis barang di Mal UMKM atau pusat oleh-oleh khas Kabupaten Sumenep, berefek positif terhadap penjualan produk.

“Saya ikut memasarkan produk di Mal UMKM dan hasilnya ada peningkatan permintaan, baik dari masyarakat Sumenep maupun luar daerah,” kata Syamsuri Fathollah, Jumat (15/07/2022).

Selama ini, pihaknya memproduksi kripik berbagai jenis hanya memasarkannya secara lokal di Kabupaten Sumenep, serta sebagian luar daerah seperti Pamekasan dan wilayah di Jawa Timur, namun setelah produknya masuk ke Mal UMKM, semakin dikenal oleh masyarakat, sehingga permintaan bertambah.

“Produk kripik untuk pemenuhan kebutuhan di Mal UMKM sekitar 1.000 bungkus dalam kurun waktu dua minggu. Jadi angka penjualan itu tergolong sangat tinggi, mengingat keberadaan pusat oleh-oleh khas Kabupaten Sumenep baru saja diresmikan oleh Bupati Achmad Fauzi,” terangnya.

Syam sapaan akrabnya berharap, pemerintah daerah terus mengembangkan sarana dan prasarana Mal UMKM, untuk membantu pemasaran produk dari pelaku usaha mikro, supaya mendapatkan banyak pelanggan atau konsumen.

“Yang jelas, Mal UMKM sangat dibutuhkan pelaku usaha mikro untuk memasarkan produknya kepada masyarakat Kabupaten Sumenep maupun wisatawan yang datang ke Sumenep, apalagi tempatnya di areal Pendopo Agung Keraton yang sangat mendukung sebagai media promosi oleh-oleh khas Kabupaten Sumenep,” harapnya.

Untuk diketahui, Mal UMKM yang berlokasi di kawasan Pendopo Agung Keraton Sumenep, diresmikan langsung oleh Bupati Ra Achmad Fauzi pada 27 Juni 2022 lalu.

Pemerintah Daerah menyediakan Mal UMKM bertujuan agar para pelaku usaha mikro dalam upaya memperluas pemasaran, sekaligus mempermudah masyarakat supaya tidak bingung lagi untuk mencari oleh-oleh khas Kabupaten Sumenep. (*)

Comment