Pesona Pantai Cemara di Pulau Masalembu Sumenep, Bermakna Romantis Bagi Kaum Milenial

SUMENEP, (News Indonesia) -- Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dikelilingi 126 gugusan pulau yang kaya akan spot wisata dengan pesona keindahan alam luar biasa, salah satu diantaranya adalah wisata pantai cemara di pulau Masalembu.

SUMENEP, (News Indonesia) — Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dikelilingi 126 gugusan pulau yang kaya akan spot wisata dengan pesona keindahan alam luar biasa, salah satu diantaranya adalah wisata pantai cemara di pulau Masalembu.

Letak geografis wisata tersebut berada di Daerah pertigaan Laut Jawa dan Selat Makasar, terdiri dari tiga pulau utama, yaitu pulau Masalembu, Masakambing, dan Pulau Keramaian.

Kepulauan Masalembu yang seringkali dicatat sebagai pulau angker karena sejarah Tanpo Mas II ternyata memiliki objek wisata yang menakjubkan. Dengan namanya yang elok, pantai cemara juga memiliki makna romantis bagi kaum remaja (milenial).

Nama lain dari wisata ini juga sering disebut pantai sono, dimana pada perut wipan terdapat pisahan aliran laut dengan tinggi air hanya selutut orang dewasa. Dihiasi pohon cemara yang tumbuh gemulai membuat sejuk kala dipandang.

“Aktivitas apa saja bisa dilakukan di sini, mulai dari berenang, bersantai, camping, atau hanya ingin menikamati udara pantai,” terang Sono selaku pengelola wisata pantai Cemara. Selasa (14/04/2020).

Salah seorang pengunjung saat msnikmati pesona Pantai Cemara di Pulau Masalembu Sumenep.

Tidak hanya itu, kalangan remaja maupun orang tua serta komunitas fotografer juga kerap mengunjungi tempat tersebut untuk sekedar berselfie ria, dan mengabadikan panorama alam yang terkesan natural.

Ombak yang tenang, juga memudahkan para wisatawan untuk swim, snorkeling dengan aman di perairan tersebut. Ditambah dengan tekstur warna langit yang biru, pasir yang putih, serta warna air yang sangat bening membuat pengunjung betah.

“Biasanya pengunjung yang banyak pada saat hari besar Nasional, atau setelah lebaran idul fitri, dan juga dibuat tempat perayaan anak SMA saat momen ulang tahun serta ajang reuni tergantung angkatannya masing masing,” tutur Fitriyani (21) salah remaja warga setempat.

Baca Juga: Kue ‘Jalabiya’ Khas Dungkek, Renyah dan Meleleh di Mulut 

Di pantai marginal ini pun memiliki pesona bawah laut yang tak kalah indah. Terdapat ribuan jenis ikan laut dan terumbu karang yang indah serta memanjakan mata.

Sejatinya wipan ini diambil dari nama pohon Cemara yang kemudian dipopulerkan oleh sebagian remaja sejak tahun 2003, dengan memberi arti pada pantai tersebut sebagai roman “Cerita Masa Remaja”. [ifa/kid]

Loading...

Comment