oleh

Gerakan Desa Bersih, Kades Banbaru Galakkan Gotong Royong

SUMENEP, (News Indonesia) – Pemerintah Desa (Pemdes) Banbaru, Pulau Giliraja, Kecamatan Giligenting, Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar bersih-bersih untuk menciptakan Desa bersih dan bebas dari penyakit. Jumat (17/1/2020) pagi.

Kegiatan bersih bersih kali ini, diselenggarakan di Dusun Somor Delem, Desa setempat dengan melibatkan aparatur desa beserta warga setempat untuk memupuk jiwa gotong royong, kegiatan serupa akan digelar di dusun lain secara rutin.

“Agenda sederhana untuk menciptakan Desa bersih ini ditargetkan dapat menggugah kesadaran warga kami, untuk aktif menjaga lingkungan bebas dari sampah dan kotoran yang seringkali terabaikan,” terang Kepala Desa Banbaru, Zainal, usai acara bersih bersih.

Hal ini dilakukan, untuk membiasakan masyarakat hidup sehat dan terhindar dari penyakit yang disebabkan tumpukan sampah.

“Urusan bersih-bersih ini memang sederhana, namun jika warga desa Banbaru abai, ini yang kerap menjadi bibit penyakit. Untuk itu, kami mulai dari aparat desa dulu sebagai contoh untuk mengajak warga lainnya lebih peduli terhadap kebersihan,” tuturnya.

Dijelaskan Sigit, sapaan akrab Zainal, agenda Desa bersih akan terus digalakkan, dengan melibatkan aparat desa, BPD dan lingkungan.

“Kita jadwalkan nanti, di Desa Banbaru itu ada tiga Dusun mas, aparat desa dan BPD akan turun ke dusun secara bergantian, selain akan menciptakan desa bersih, tali silaturahim juga perlu kita jaga dengan semangat gotong royong yang mulai ditinggalkan ini,” imbuhnya.

Dirinya meyakini, warga akan turut mensukseskan agendanya untuk menjadikan desa bebas sampah, bahkan tidak menutup kemungkinan, program Desa bersih di desanya akan menjadi percontohan bagi desa lainnya.

“Ya syukur-syukur, niat menjadikan desa bersih dan bebas dari sampah akan menjadi contoh bagi desa lainnya, kan bagus kalau begitu, artinya urusan bersih-bersih selain bermanfaat untuk lingkungan, bermanfaat pula menginspirasi desa lainnya,” tandasnya. [arif/faid]

Loading...

Komentar

BERITA TERBARU