oleh

Besok, Kerapan Sapi Tingkat Kabupaten Diikuti 36 Pasang Sapi

SUMENEP, (News Indonesia) — Kerapan sapi paling prestisius tingkat Keresidenan untuk memperebutkan piala bergilir dari Presiden RI di Madura digelar di masing masing Kabupaten. Untuk Sumenep sendiri, terdapat 36 pasang sapi dari enam eks kawedanan yang siap berlaga pada Minggu (15 September 2019), besok, di Lapangan Giling.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Disparbudpora Sumenep, Robi Firmansyah menyampaikan, adu balap sapi yang sudah menjadi tradisi tahunan ini, seleksi berjenjang mulai tingkat eks kawedanan sudah dimulai sejak bulan Juli lalu hingga Agustus, hal itu untuk menyeleksi ketangkasan sapi terbaik ujung timur pulau Madura.

“Pesertanya sapi lokal Sumenep, 6 eks kawedanan yang meliputi eks kawedanan Kota, Ambunten, Batu Putih, Bluto, Guluk guluk dan Sepudi, itu diawali di Kawedaan Kota bulan Juli, hingga 25 Agustus di Sepudi kemarin,” terangnya, Sabtu (14/9/2019), usai menggelar technical meeting.

Kemudian, lanjut Robi, seleksi tingkap kabupaten yang pelaksanaannya bakal di pusatkan di Lapangan kerapan sapi kebanggaan warga Sumenep, bakal diramaikan oleh 36 pasang sapi pemenang dari masing masing eks kawedanan.

“Perkawedanan masing masing ada 6 pasang sapi, jadi ada 36 pasang sapi yang besok akan turun di tingkat Kabupaten dari 6 eks kawedanan tersebut,” jelasnya.

Hiburan bergengsi rentetan agenda besar event spektakuler visit Sumenep 2019 ini, bertujuan melestarikan tradisi turun temurun yang sudah diamanatkan oleh undang undang nomor 5 tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan.

“Tujuan utama kami, untuk melestarikan tradisi turun temurun nenek moyang, yang juga menjadi hiburan bergengsi di Madura, ini perlu ditradisikan, ini amanah,” sebutnya.

Pelaksanaan technical meeting kerapan sapi tingkat kabupaten, bertempat di Aula Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Sumenep. (Tolak Imam for newsindonesia.co.id)

Sementara segala persiapan lomba menurutnya telah dilakukan, mulai dari monitoring lapangan, hingga meliburkan para pedagang yang membuka lapak (relokasi pasar Bangkal,red) saat pelaksanaan nanti.

“Alhamdulillah tidak ada kendala, sudah kami melakukan peninjauan lapangan. Meski ada los-los pasar sementara di dalam lapangan kerapan sapi, kami munta untuk meliburkan diri, karena terkait adanya kerapian sapi,” ungkapnya.

Untuk para pemenang sendiri, lanjut Robi, nantinya akan diberi hadiah sepeda motor, lemari es dan TV LED.

“Hadiah untuk Juara 1 sepeda motor, kemudian juara 2 golongan menang lemari es dua pintu yang gede kemudian yang ke 3 adalah TV LED 55 inci, golongan kalahnya sama cuma lebih kecil,” tandasnya.

Sementara untuk pelaksanaan technikal meeting, bertempat di Aula Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Sumenep dengan mendatangkan sebanyak 36 orang, termasuk pengurus paguyuban kurang lebih 50 orang, dan petugas keamanan dari pihak Kepolisian Resort (Polres), Komando Militer (Kodim), Dinas Perhubungan (Dishub), dan pihak terkait lainnya. [imam/faid]

Komentar

BERITA TERBARU