oleh

Cara Disdik Sumenep Maksimalkan Implementasi Pendidikan Karakter Anak

SUMENEP, (News Indonesia) — Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar Kegiatan Pembangunan Karakter Peserta Didik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), selama dua hari, Rabu-Kamis, 11-12 September 2019.

Kegiatan penguatan karakter yang diikuti 100 guru PAUD yang tersebar di Kabupaten Sumenep, bertujuan untuk memaksimalkan implementasi pendidikan karakter.

Sejatinya, kegiatan tersebut ingin penanamkan nilai-nilai pendidikan karakter serta memantapkan pengetahuan para guru PAUD.

“Ada beberapa materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut, diantaranya materi bias pembiasaan, artinya para pendidik diharapkan mampu memberikan contoh dengan pola sikap yang ditampakkan kepada anak-anak,” terang Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, Bambang Irianto melalui Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal, Hj. R. Raihani.

Menurutnya, Dinas Pendidikan akan memberikan pendampingan dan pembinaan lebih lanjut tentang implementasi pendidikan karakter.

“Nilai karakter itu harus berlandaskan Pancasila, karena hal itu yang bisa mengilhami dalam bertingkah laku dan bersikap dala kehidupan sehari-hari.
Tentunya semuanya akan bertahap,” kata Hj Raihan, Kamis siang (12/09/2019), di ruang kerjanya usai penutupan Kegiatan Pembangunan Karakter Peserta Didik PAUD.

Yang terpenting, kata Hj. Raihan, dalam implementasinya pendidikan karakter yang diberikan tidak sampai membuat anak terasing dari lingkungan dan budaya yang ada di sekitarnya. Sebab masing-masing daerah, atau desa memiliki budaya dan tradisi yang berbeda.

“Pendidikan karakter ini juga melihat budaya yang ada di Indonesia, tidak akan membuat anak berseberangan dengan keberadaan budaya di lingkungannya,” tegasnya. [ifa/faid]

Komentar

BERITA TERBARU