Karnaval Kelurahan Gebang Esensi Keragaman Budaya Indonesia

Foto: Karnaval di Kelurahan Gebang menampilkan Budaya Bali dengan ogoh-ogohnya.

JEMBER, (News Indonesia) – Karnaval umum di Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang adalah wujud dari bersatunya keragaman budaya yang ada Indonesia. Terlihat, mayoritas peserta memakai pakaian adat daerah di nusantara. Mulai dari Jawa Timur, Bali, Madura, sampai Dayak Kalimantan dan kostum karnaval umum lainnya.

Lurah Gebang Teguh Kurniawan di depan peserta karnaval menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya partisipasi atas antusias warga dalam memeriahkan puncak peringatan HUT RI ke 78 di Gebang.

Menurutnya, tanpa peran aktif warga kegiatan-kegiatan dalam menyemarakkan HUT RI tidak akan hidup.

Teguh menyebut, peserta karnaval tahun ini mencapai lebih dari seribu peserta yang diikuti oleh hampir seluruh RW se-Kelurahan Gebang.

Baca Juga: Kejari Jember Kumpulkan Keterangan Warga dalam Dugaan Penyelewengan Dana Desa Puger Wetan

“Puncak perayaan HUT RI ke 78 ini diikuti hampir 1800 sampai 2000 peserta dari seluruh warga dan simpatisan yang ada di Kelurahan Gebang,” tutur Pak Lurah yang memakai pakaian adat Madura, Sabtu (2/9/2023).

Dengan konsep atau tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”, Teguh menyatakan karnaval Gebang merupakan esensi dari keberagaman yang ada di nusantara. Meski, berlatar belakang adat budaya yang berbeda-beda tetapi peserta larut dalam kekompakan, kerukunan dan bersama di dalam meramaikan event karnaval.

Meski cuma digelar sehari, Teguh berharap dengan adanya karnaval ini banyak dampak positif yang diciptakan. Seperti, makin erat dan harmonisnya persatuan di tengah warga serta bergeraknya perputaran ekonomi disela-sela keramaian karnaval.

Karnaval di Kelurahan Gebang sangat menarik minat warga. Jika di tempat lain hanya disuguhkan dengan penampilan kreativitas dan atraksi dari peserta. Di Gebang, panitia sampai menyiapkan hadiah 1 unit motor Honda Beat. Masih ditambah lagi ada sepeda gunung, lemari es, televisi LED, dan hadiah hiburan lainnya. (*)

Comment