BOGOR, (Newsindonesia) – Menjelang akhir tahun 2024, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan terus memperkuat komitmennya dalam memberikan pelayanan prima kepada pelanggan. Pencapaian dan tantangan sepanjang tahun ini menjadi bahan evaluasi untuk menyusun langkah strategis di tahun 2025.
Berbagai penghargaan diraih Tirta Kahuripan pada 2024, di antaranya:
- Tiga Bintang Fast Learning Companies in Safety Programs dari Indonesia Safety Excellence Award (ISEA) 2024.
- The Best CEO Committed in OSH Culture.
- Juara Kedua dalam kategori Implementasi HSE/K3 Perusahaan Air Minum terbaik pada PERPAMSI Award 2024.
- BUMD Jasa Air dengan Kinerja Terbaik untuk kategori pelanggan di atas 50.000 sambungan rumah dari BPKP Provinsi Jawa Barat.
- Status “Sehat” dan kategori “Baik” dari evaluasi kinerja Kementerian PUPR dan Kepmendagri.
Survei kepuasan pelanggan juga mencatat hasil positif, dengan indeks kepuasan mencapai 82,65% (kategori Baik) dan loyalitas pelanggan 83,75% (kategori Loyal).
Direktur Umum Tirta Kahuripan, Abdul Somad, mengakui bahwa masih ada banyak masyarakat di Kabupaten Bogor yang belum terlayani akibat luasnya wilayah cakupan.
“Untuk menjangkau 5,8 juta jiwa di 40 kecamatan, kami tidak bisa hanya mengandalkan dana internal perusahaan. Diperlukan dukungan pemerintah daerah melalui penyertaan modal serta skema pembiayaan alternatif seperti kerja sama business to business dengan badan usaha swasta,” jelas Abdul Somad.
Selain memperluas layanan, Tirta Kahuripan fokus menjaga ketersediaan air baku. Tim Pengendalian Pencemaran Sungai akan dibentuk untuk memetakan dan menginvestigasi pencemaran sungai yang memengaruhi produksi air bersih. Upaya ini melibatkan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup, komunitas pencinta sungai, serta kerja sama dengan IUWASH Tangguh untuk membuat sumur resapan guna meningkatkan debit mata air.
Di bidang pelayanan pelanggan, Tirta Kahuripan berencana meluncurkan aplikasi kepelangganan. Aplikasi ini akan memudahkan pelanggan dalam mendapatkan informasi, melaporkan gangguan, dan melakukan pembayaran tagihan secara online.
“Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan kemudahan bagi pelanggan kami,” tutup Abdul Somad.
Comment