Ombudsman RI Beri Nilai Tinggi atas Pelayanan Publik Pemkab Jember

Foto: Pj Sekda Jember Arief Tjahyono.

JEMBER, (News Indonesia) – Pemkab Jember menerima hasil penilaian atas kinerja pelayanan publik dari Ombudsman RI. Lembaga resmi pemerintah yang berwenang mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik itu memberikan nilai 81.08 poin atas pelayanan publik Pemkab Jember tahun 2022.

Pj Sekda Jember Arief Tjahyono mengatakan, nilai tersebut masuk zona hijau atas performa pelayanan publik dari pemerintah daerah setempat.

“Pemkab Jember mendapat nilai yang tinggi, tentunya ini merupakan penyemangat bagi kami untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat Jember,” ujarnya usai menerima piagam penghargaan dari Ombudsman RI perwakilan Jawa Timur, Senin (20/3/2023).

Ada 5 OPD Kabupaten Jember dengan nilai tinggi dalam performa pelayannya. Di antaranya Puskesmas Jenggawah, Puskesmas Kalisat, Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Penanaman Modal PTSP, dan Dinas Sosial.

“Penilaian ini merupakan wujud dari pelaksanaan Perpres RI Nomor 18/2020 tentang RPJMN 2020-2024, yang bertujuan mendorong setiap penyelenggara pelayanan publik, untuk mematuhi UU No. 25/2019 tentang Pelayanan Publik,” imbuh Arief.

Atas capaian ini, Arief mendorong seluruh kepala OPD Pemkab Jember untuk terus meningkatkan pelayanannya ke depan. Tahun depan, Arief menargetkan pelayanan publik Pemkab Jember harus mendapatkan nilai A dari Ombudsman RI. (*)

Comment