Pemkab Jember Maksimalkan Pelayanan Adminduk di Desa
Terlihat rame pelayanan Adminduk di Kecamatan dan Desa. (Foto: Takril)
JEMBER, (News Indonesia) — Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Kabupaten Jember, jika sebelumnya terkonsentrasi di Kantor Dispendukcapil, kini pasca OTT saber pungli, pelayanan lebih dioptimalkan di Kantor Kecamatan.
Hal tersebut terbukti, saat media ini mendatangi Kantor Kecamatan Gumukmas, tampak antusias pemohon berlama-lama antri mengurus identitas diri di ruangan pelayanan umum, seperti KTP, KK, Akte Kelahiran dan lain – lain. Rabu (23/1/2019)
Membludaknya pemohon Adminduk di Kantor Kecamatan, menurut Camat Gumukmas Imam Sudarmaji, dipicu oleh informasi yang beredar di medsos bahwa masyarakat yang mengurus Adminduk bisa dilayani di Kantor Kecamatan Gumukmas.
“Sehingga ketika On The Sport (OTS) dari Dinas Pendukcapil Jember di Gumukmas pada (16/01), pada hari itu hampir mencapai seribuan masyarakat datang untuk mengurus Identitas Diri,” tuturnya.
Jika sebelum OTS pemohon Adminduk sehari berkisar 20 hingga 30 pemohon, namun setelah OTS pemohon yang datang rata-rata mencapai 100 lebih.
“Animo masyarakat untuk mengurus adminduk sangat tinggi sekali. Sedangkan alat dan tenaga sangat terbatas, sehingga tidak bisa terlayani secara maksimal,” jelas Camat Gumukmas.
Imam menambahkan, banyak program bantuan dari Pemkab Jember yang harus di sertai dengan identitas diri.
“Meningkatnya permohonan Adminduk, salah satunya karena berkaitan dengan banyaknya program bantuan dari pemerintah Kabupaten Jember,” papar Imam.
“Hari ini kita mengumpulkan 231 anak yatim – piatu untuk menerima bantuan uang tunai dari Pemkab Jember, Identitas diri menjadi syarat utama,” tandasnya. (Eko/Dewi)
Comment