RSUD Moh Anwar Sumenep Konsisten Wujudkan Kemudahan Pelayanan

Foto: Rumah Sakit Umum Daerah dr H Moh Anwar (RSUDMA) Sumenep di Jl. DR. Cipto No.42 Sumenep.

SUMENEP, (News Indonesia) – RSUD dr. H Moh Anwar Sumenep sejak kepemimpinan direktur dr. Erliyati, M.Kes terus menunjukkan komitmennya dalam mengoptimalkan pelayanan kesehatan.

Hadirnya beberapa layanan yang eksistensi dan tujuannya adalah untuk mempermudah, serta membantu pasien dalam mendapatkan layanan di RSUD dr H Moh Anwar Sumenep. Diantaranya seperti Layanan Meja Konsultasi Mobile JKN yang diterapkan sejak Tanggal 9 Desember tahun 2024 dirasa sangat membantu masyarakat.

“Meja konsultasi MJKN ini hadir sebagai komitmen kami dalam memberikan kemudahan kepada pasien, khususnya yang ingin mendaftar ke Poliklinik,” kata Kasi Informasi RSUD dr. Moh Anwar Sumenep, Erfin Sukayati, M.Kes. Rabu (28 Mei 2025).

Menurut Erfin, pihak BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara JKN-KIS telah mewajibkan Rumah Sakit agar menerapkan antrian online melalui Mobile JKN. Sementara, RSUD menyadari bahwa banyak masyarakat yang belum familiar dengan aplikasi tersebut.

“Sehingga kami merasa harus menghadirkan layanan meja konsultasi MJKN untuk memberikan kemudahan,” lanjutnya.

Selain itu, Rumah Sakit milik pemerintah itu juga telah lama menyediakan unit layanan Instalasi Peduli Pelanggan (IPP) yang lokasinya berada di timur IGD atau persis di sebelah pos security pintu masuk area rawat inap.

“IPP ini juga perlu kami jelaskan kembali, hadir untuk membantu pasien mengatasi kendala apapun yang ada di Rumah Sakit. Jadi sebenarnya pasien tidak perlu meminta bantuan ke orang lain, cukup ke IPP pasti dilayani dan dibantu permasalahannya,” tegas Erfin.

Terlebih, kata dia IPP juga telah terintegrasi dengan unit Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan petugasnya sudah tersertifikasi BNSP. Sehingga pasien peserta JKN-KIS ataupun UHC tidak perlu khawatir dan kebingungan saat hendak meminta bantuan atau informasi.

Tak hanya itu, dia kembali menegaskan bahwa selain di jam kantor, layanan IPP juga tersedia melalui bisa diakses melalui telpon yang tersebar di seluruh unit layanan agar mudah diakses oleh pasien.

“Semua sudah dapat dibantu oleh IPP,” tutupnya. (*)

Comment