oleh

Pemdes Panyindangan Kulon Optimalkan Pembangunan Insfrastruktur Desa

INDRAMAYU, (News Indonesia) – Pemerintah Desa Panyindangan Kulon, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, telah merealisasikan Dana Desa (DD) TA 2019 secara optimal.

Besaran dana yang direalisasikan untuk pembangunan diberbagai sektor, terutama peningkatan sarana prasarana insfrastruktur desa.

Kepala Desa (Kuwu) Panyindangan Kulon Karto melalui Sekretaris Desa (Sekdes) Wirnanto mengatakan, Pemdes Panyindangan kulon telah merealisasikan seluruh anggaran Dana Desa (DD) tahun 2019.

“Anggaran DD tahun 2019, kami fokuskan untuk peningkatan sarana prasarana infrastruktur desa, diantaranya membangun Tembok Penahan Tanah (TPT), cor rabat beton, hotmix jalan desa dan pembangunan lainnya yang tersebar dibeberapa lokasi,” terangnya.

Peningkatan jalan lingkungan yang sudah dikerjakan ini, kata Wirnanto, sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Jalan yang sebelumnya rusak itu, kini kondisinya sudah semakin baik sehingga bisa memperlancar akses transportasi dan meningkatkan roda perekonomian warga,” katanya.

Ia menambahkan, dalam setiap pelaksanaan kegiatan desa, selalu dikerjakan secara swakelola dengan melibatkan masyarakat setempat sebagai bentuk pemberdayaan.

Selain pembangunan fisik, lanjut Wirnanto, dana desa (DD) juga digunakan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat, antara lain, pelatihan usaha produktif (Home Industri) dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada, seperti pelatihan pembuatan keripik dan pelatihan cara berternak bebek.

Sementara, untuk DD tahap tiga yang baru diterima desanya, dimanfaatkan untuk pembangunan cor rabat beton dan normalisasi saluran air dan pekerjaanya saat ini masih berjalan.

“Panjang jalan yang dicor beton seluruhnya 635 meter dengan lebar 1,2 meter dan tinggi 10 cm,” terangnya.

Selain pembangunan infrastruktur jalan, lanjutnya, DD tahap tiga juga dimanfaatkan untuk memperbaiki beberapa rumah warga yang kondisinya tidak layak huni dan membangun jamban bagi warga yang belum memiliki jamban.

“Ada lima unit rumah warga dan sepuluh jamban yang kami bangun dengan menggunakan DD tahap tiga ini,” imbuhnya.

Wirnanto berharap, Desa Panyindangan Kulon bisa sejajar dengan desa lainnya yang ada di kecamatan Sindang.

Selama kepemimpinan Kuwu Karto, banyak perubahan yang dirasakan oleh masyarakat dan setiap pembangunan yang sudah dilaksanakan merupakan skala prioritas yang sudah dimusyawarahkan sebelumnya dengan masyarakat melalaui musrenbangdes.

“Untuk itu, kami berharap agar masyarakat bisa turut menjaga dan merawat bangunan tersebut,” pungkasnya. [dais/faid]

Loading...

Komentar

BERITA TERBARU