JEMBER, (News Indonesia) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Jember, salah satu OPD yang membuka layanan di Mall Pelayanan Publik (MPP) di Balai Serba Guna GOR Kaliwates.
Terlihat di MPP, Disdukcapil rupanya tidak mau tanggung-tanggung dalam melayani masyarakat untuk pengurusan administrasi kependudukan. Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), mesin pencetak e-KTP, Kartu Keluarga, KIA, dan seluruh akta kependudukan pun dibawa.
“Tujuan daripada ADM ini adalah untuk mencetak. Tetapi kalau KTP, KTP itu sejak data kami ditarik ke Jakarta ADM ini sementara tidak bisa cetak KTP. Oleh karena itu karena di sini mall pelayanan yang harus kemudian masyarakat pulang dari sini harus segera selesai, kami buat ADM ini yang manual sehingga tidak buat emailnya tetapi kami setting bagaimana pengajuan masyarakat itu (bisa) kami ajukan lewat PC kemudian bisa keluar KTP,” jelasnya.
Santi mengungkapkan, saat ini Disdukcapil mengutamakan warga pemula yang baru memiliki KTP tetapi, dia juga tidak mengesampingkan warga yang mengajukan KTP dengan kondisi berbeda.
“Kami prioritaskan untuk pemula yang tidak pernah punya KTP sama sekali. Warga yang kesini ya memang harus kami cetakkan, walaupun sebetulnya ada banyak warga yang kehilangan KTP daripada yang belum memiliki KTP sama sekali,” ujarnya.
Santi mengimbau kepada masyarakat, agar menjaga dengan baik identitas penduduknya karena keberadaan blangko KTP kerap mengalami kekosongan dari pusat.
Sementara, salah satu warga pemohon KTP menyambut baik adanya MPP di Balai Serba Guna. Dia mengaku kehilangan KTP dan mencoba mengajukan di konter Disdukcapil di MPP untuk cetakan KTP baru.
“KTP saya hilang, saya coba ajukan di sini, alhamdulilah pelayanannya cepat cuma 6 menit sudah jadi dicetak,” tutur pria yang berprofesi sebagai ojek online ini. (*)
Comment