oleh

Warga Giliraja Geger, Temukan Makam Kuno di Bawah Surau

SUMENEP, (News Indonesia) — Warga Desa Banbaru, Pulau Giliraja, Kecamatan Giligenting, Sumenep, digegerkan dengan penemuan diduga makam kuno di bawah surau.

Informasi yang diterima media ini, penemuan diduga makam tua di rumah Rokim di Dusun Sumur Agung, Desa Banbaru, Senin (3/9/2019) malam, pertama kali ditemukan pria asal Situbondo yang sudah menetap sekitar dua tahun di pulau Giliraja.

Gumok (gundukan tanah) digali, ada dua batu hitam bulat di sebelah selatannya, penampakannya seperti makam di bawah surau kuno, itu ditemukan K. Guno asal Situbondo,” tutur, Bambang Hermanto, kepada media ini. Selasa (1/10/2019) pagi.

Awal ditemukannya gumok tersebut, K. Guno mencari sebuah rumah dengan cat biru, katanya itu petunjuk yang datang ke K. Guno lewat semadi.

“K. Guno mencari rumah bercat biru, masuk ke rumah milik Rokim, dia minta ke pemilik rumah agar mengecek ke bawah surau kuno tersebut, ternyata ditemukan gumok lengkap dengan batu yang diduga batu nisan,” imbuhnya.

“Di sini ada asta (makam), ada bujuk, coba gali,” kata H. Totok sapaan akrab Bambang Hermanto mengulang cerita K. Guno, di malam itu juga langsung dilakukan penggalian.

Temuan makam tersebut, membuat warga empat desa di pulau Giliraja berbondong bondong untuk melihat secara langsung.

“Banyak warga melihat itu, full orang berbondong bondong karena penasaran,” sebutnya.

Cerita tidak jauh berbeda diutarakan warga lain, Sahrul Gunawan, gundukan tanah diduga makam tersebut, sudah dua kali dibersihkan, ternyata beberapa saat kembali muncul. “Gumok itu katanya sudah 2 kali dibuang, tapi muncul lagi,” tuturnya.

Mengenai surau tersebut, ternyata ada sejak nenek moyangnya, bukan surau baru dibangun. “Surau itu milik pribadi, sudah ada sejak nenek moyangnya, bukan baru,” imbuhnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan mengenai nama dari gundukan tanah yang diduga makam tua tersebut. [arif/jie]

Komentar

BERITA TERBARU