oleh

Upacara Hari Jadi Sumenep ke 750, Bupati : Lestarikan Bahasa Madura, Jangan Sampai Punah

SUMENEP, (News Indonesia) — Dalam upacara memperingati Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke-750, di halaman Masjid Jamik setempat, Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, mengingatkan masyarakat untuk menjaga Bahasa Madura sebagai identitas yang tidak boleh punah. Kamis (31/10/2019).

“Bahasa Madura adalah milik kita, jangan sampai tinggal sejarah karena gempuran arus globalisasi, kita wajib merawat dan menjaganya,” ujarnya.

Bupati dua periode ini juga menyampaikan pentingnya mengajarkan Bahasa Madura kepada anak cucu baik di sekolah maupun di rumah.

“Saat ini Bahasa Madura sudah hampir tereliminasi, banyak anak-anak kita yang enggan Berbahasa Madura, bahkan tidak tahu bilangan ‘Bellu Lekor’ (dua puluh delapan,red) itu apa?, bisa dibayangkan istilah madura dua puluh delapan saja tidak tahu,” kata suami Nurfitriana Busyro ini.

Sebagai langkah awal, pihaknya sudah mulai menerapkan satu kebijakan di masing-masing sekolah untuk menggunakan Bahasa Madura secara lebih aktif, khususnya pada hari selasa.

“Sebagai pemimpin, harus dimulai dari kita sendiri, makanya upacara ini di konsep dengan menggunakan Bahasa Madura, walaupun satu sisi memang sudah ada kebijakan, setiap hari selasa seluruh lembaga pendidikan harus menggunakan bahasa Madura,” ujarnya.

Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, saat memimpin upacara memperingati Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke-750, di halaman Masjid Jamik setempat.

Terakhir, mantan ketua DPRD Sumenep ini mengajak seluruh masyarakat Sumenep untuk menjaga dan melestarikan Bahasa Madura.

“Mari kita rawat Bahasa Madura, karena itu adalah identitas kita, terlebih kepada seluruh orang tua, tanamkanlah Bahasa Madura kepada anak cucu kita sedari dini, supaya tidak hilang bahkan punah seiring waktu,” harapnya.

Seusai acara, Bupati berikut Wakil Bupati, serta rombongan bergeser ke gedung DPRD setempat untuk mengikuti serangkaian sidang paripurna istimewa di graha paripurna lantai dua. [kid/faid]

Komentar

BERITA TERBARU