oleh

Warga Soddara Sumenep Gelar Istighosah di Sawah, Minta Hujan

SUMENEP, (News Indonesia) — Warga Desa Soddara, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar Istighosah dan sholat Istisqo, meminta agar diturunkan hujan, di kemarau panjang ini. Jumat (1/11/2019).

Pelaksanaan Istighadah dipimpin oleh Pengasuh Pondok Pesantren Al Falah, KH. Moh. Khalil Kawakib, digelar di tegalan, tepatnya di sawah milik warga setempat.

Inisiator acara, Samsul Arifin, menyampaikan, akibat kemarau panjang saat ini, banyak daerah di Indonesia khususnya di desanya dilanda kekeringan.

Bahkan, selain krisis air bersih, wilayah setempat kerap terjadi kebakaran hutan dan lahan.

“Sholat istisqo ini adalah solusi untuk berdoa, memohon mendatangkan hujan untuk mengatasi kekeringan,” terang pria yang juga menjabat Sekdes di Desa setempat.

Sholat istisqo, kata Samsul, digelar dengan harapan Allah segera menurunkan hujan agar bencana kekeringan lekas tertanggulangi.

“Sebagai umat Islam, kami bermunajat kepada Allah semoga segera turun hujan yang membawa berkah,” kata pemuda yang akrab disapa Encunk ini.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Soddara, Suhanto mengatakan, kegiatan sholat minta hujan ini diikuti mayoritas masyarakat Desa Soddara dan sekitarnya serta santri pondok terdekat.

“Bukan cuman kalangan masyarakat yang mengikuti sholat minta hujan ini, melainkan santri pondok pesantren terdekat juga ikut shalat,” paparnya.

Dalam sejarahnya, sholat minta hujan atau sholat istisqa dikerjakan Nabi Muhammad SAW empat tahun sebelum beliau wafat. Ketika itu hampir satu tahun di wilayah Madinah dilanda kekeringan. Umat Islam pun dibuat kesusahan sehingga meminta Rasulullah berdoa kepada Allah untuk menurunkan hujan.

Rasulullah menyanggupi permintaan tersebut dengan melakukan sholat minta hujan di Masjid Gammah, yang terletak 500 meter dari Masjid Nabawi di Madinah. Rasulullah kemudian memimpin umat Islam melakukan salat istisqa. Setelah sholat, hujan pun turun di sekitar Madinah hingga beberapa hari. Salat istisqa pernah beberapa kali dilakukan Nabi selama hidupnya. [kid/faid]

Komentar

BERITA TERBARU