Tanpa Gejala, Empat Warga Sumenep Positif Terpapar Covid-19

Foto: Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, saat menggelar konferensi pers di media center pencegehan dan penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep.

SUMENEP, (News Indonesia) — Empat warga Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terkonfirmasi positif terpapar Virus Corona atau Covid-19. Jumat (24/4/2020) sore.

Mereka adalah dua orang warga Kecamatan Kota Sumenep, satu berasal dari Kecamatan Rubaru dan satu dari Kecamatan Saronggi.

“Mereka itu orang tanpa gejala,” terang Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, dalam jumpa pers di ruang media center pencegahan dan penanganan Covid-19, Jumat (24/4/2020) malam.

Saat ini, ke empat orang tersebut saat ini sudah dalam penanganan tenaga medis dan juga telah menjalani isolasi mandiri. “Tiga laki-laki dan satu perempuan. Unsur Kemenag dan tenaga medis,” sebutnya.

Mereka yang dinyatakan postif Covid-19 tersebut merupakan peserta pelatihan petugas haji di Asrama Haji Sukolilo Surabaya yang digelar pada 9-18 Maret 2020.

Bupati Sumenep meminta masyarakat ujung timur pulau Madura, agar meningkatkan kesadaran bersama, pasca empat orang warganya terkonfirmasi positif Covid-19.

Selain itu, pihaknya mengajak seluruh pihak berperan aktif memutus mata rantai sebaran virus tersebut dengan menerapkan phsycal Distancing, aktif menggunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan lainnya.

“Kepada masyarakat Sumenep, kami berharap untuk mensupport agar bisa bersama-sama memutus mata rantai virus ini, jika tidak ada upaya bersama, maka akan berbahaya, jangan sampai meremehkan,” pintanya.

Termasuk juga, lanjut Bupati dua periode ini, sebagai upaya konkrit, setiap weekend Pemerintah telah melakukan langkah pembatasan dari satu desa ke desa lainnya.

“Setiap Sabtu-Minggu kita sudah lakukan pembatasan gerak masyarakat, dan ini harus kita patuhi bersama,” tegasnya. [ifa/faid]

Comment