Pimpin Apel HGN 2021, Bupati Sumenep Ajak Guru Bangun Pendidikan Berkarakter Budaya

Foto: Pemkab Sumenep, saat menggelar apel HGN 2021 di halaman kantor Bupati.

SUMENEP, (News Indonesia) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, berkomitmen terus membangun pendidikan yang berkarakter, sebagai upaya melestarikan serta mewariskan aset kebudayaan kepada generasi muda.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, saat upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2021, mengamanatkan pendidikan yang berkarakter budaya.

“Harapannya, generasi masa depan supaya merasa memiliki dan tumbuh rasa tanggung jawab untuk menjaganya sekaligus melestarikannya di era apapun,” terangnya. Jum’at (26/11/2021).

Fauzi berpesan, adat dan budaya Sumenep harus dilestarikan sebagai bentuk nilai yang diwariskan kepada generasi muda, sehingga tetap terjaga warisan adat dan budaya leluhur di tengah-tengah masyarakat.

“Kami mengajak semua guru bersama-sama mengakrabi murid-murid dengan budaya lokal Sumenep, melalui pembelajaran sebagai materi muatan lokal dalam rangka melestarikan pendidikan yang berkarakter budaya,” imbuh Bupati.

Menyinggung Apel Hari Guru Nasional Tahun 2021 di tengah wabah COVID-19, lanjut politisi muda PDI Perjuangan ini, merupakan salah satu wujud apresiasi Pemerintah kepada para guru yang telah berkorban dan berjuang untuk membangun kemajuan daerah melalui bidang pendidikan.

“Meskipun, peserta apel itu sangat terbatas dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes), tetapi inilah bentuk apresiasi pemerintah daerah, karena guru berperan penting dalam membangun daerah dengan pondasi kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul,” terangnya.

Untuk itulah, para guru diminta mengembangkan inovasi pembelajaran agar siswa menjadi inovatif, kreatif, produktif dan mampu beradaptasi dengan perubahan zaman seiring perkembangan teknologi dan informasi.

“Para guru hendaknya mampu mengembangkan proses pembelajaran didukung teknologi informasi guna merangsang terjadinya proses pembelajaran yang lebih baik,” tandasnya. (*)

Comment