Perkenalkan Kuliner Khas, Sumenep Akan Gelar Festival Kuliner Nusantara

SUMENEP, (News Indonesia) – Sebagai rangkaian visit Sumenep 2018, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan menggelar Festival bertaraf Nasional yang dikemas dalam Festival Kuliner Nusantara. pada 14-15 Juli 2018 mendatang.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (Disperta Hortbun) Sumenep, Bambang Heriyanto selaku penanggungjawab event menuturkan, tujuan digelarnya event besar ini, selain mengenalkan olahan khas ujung timur pulau Madura, juga untuk menarik minat para wisatawan berkunjung.

Pihaknya akan mengundang beberapa Provinsi untuk mengikuti festival ini, selain sebagai ajang mempromosikan kekayaan kuliner khas Sumenep, mereka juga berkesempatan mengenalkan olahan khas Provinsi masing-masing.

“Insya Allah acaranya tanggal 14-15 Juli 2018 mendatang, dengan peserta dari berbagai Provinsi se-Indonesia, dari Kalimantan, Sumatera, termasuk beberapa Provinsi lain di Indonesia untuk mengenal lebih dekat aneka masakan asal Sumenep,” tutur Bambang usai survei lokasi bersama tim EO, Senin (16/4/2018) sore.

Kepala Disperta Hortbun Sumenep, Bambang Heriyanto beserta tim EO saat survei lokasi event kuliner Nusantara di Jalan Trunojoyo Sumenep. (Panji Agira/News Indonesia)

Dijelaskan, pihaknya telah menggandeng Event Organizer (EO) profesional untuk mendesaign dan layout acara, termasuk melakukan pengecekan lokasi pelaksanaan festival.

“Kita gandeng EO profesional, hari ini kita survei lokasi, Insya Allah kita akan pusatkan event kuliner di sepanjang jalan depan kantor DPRD ini, kita nanti akan tutup selama dua hari, yang penting tidak mengganggu area Masjid Jamik,” tandasnya.

Bambang menegaskan, ada sekitar 100 stan yang akan disiapkan untuk memamerkan masakan Sumenep, termasuk beberapa undangan luar daerah untuk mempromosikan kuliner masing-masing.

“Kita siapkan sekitar 100 tenda, nanti akan di isi beberapa peserta baik dari Madura sendiri, Jawa, maupun beberapa peserta lain dari seluruh Indonesia,” pungkas Bambang. (Jie/Min)

Comment