oleh

Antisipasi Covid-19, Bupati Sumenep Lakukan Sejumlah Langkah Penting

SUMENEP, (News Indonesia) — Mewabahnya virus Corona di beberapa daerah di seluruh Indonesia, membuat Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, melakukan sejumlah langkah antisipasi terhadap penyebaran pandemi Covid-19 itu.

Sebagaimana yang disampaikan saat menggelar jumpa pers bersama seluruh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Pendopo Agung Keraton Sumenep. Selasa (24/3/2020).

“Meskipun Kabupaten Sumenep belum ada yang terjangkit atau positif terkena Covid-19, kita harus tetap waspada dan berhati-hati,” kata Bupati Sumenep A. Busyro Karim.

Menurutnya berdasarkan data yang masuk khusus di kota keris tercatat sebanyak 690 untuk kategori orang dalam resiko (ODR). Sementara kategori orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 12 orang dan pasien dalam pengawasan tidak ada atau nihil. “Alhamdulillah saat ini tidak ada,” paparnya.

Untuk meningkatkan kewaspadaan lanjut mantan Ketua DPRD Sumenep ini, pihaknya telah mempersiapkan langkah-langkah preventif guna menangani penyebaran Covid-19.

“Islamic Centre akan kita pusatkan untuk tempat isolasi sementara untuk ODP,” sebutnya.

Hal lain lanjut Busyro, penyemprotan desinfektan ke area fasilitas umum, meliputi pondok pesantren, tempat ibadah pasar dan lain-lain. Termasuk sosialisai kepada masyarakat untuk mengurangi kegiatan yang sifatnya mengumpulkan massa.

“Untuk tempat wisata religi, tempat hiburan, cafe dan lain-lain diharapkan untuk ditutup untuk mengurangi penyebaran Covid-19,” harapnya.

Tidak hanya itu, setiap pelabuhan akan disiapkan alat penyemprot desinfektan berikut pemeriksaan kepada penumpang yang datang yang akan dilakukan oleh Puskesmas bekerjasama dengan Forpimka masing-masing kecamatan.

“Sementara yang tak kalah penting kita juga akan mengadakan pasar murah di beberapa kecamatan,” urainya.

Untuk itu, politisi senior partai besutan GusDur ini berharap, seluruh masyarakat di Kota Keris mawas diri dan memperhatikan imbauan dari pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Walaupun ini sudah banyak yang komplain, tapi inilah bentuk kepedulian pemerintah untuk masyarakat,” tandasnya. [kid/faid]

Loading...

Komentar

BERITA TERBARU