Pasien Positif Covid-19 di RSUD Pamekasan Overload

Jelang New Normal, Kasus Positif Covid-19 di Pamekasan Melonjak 52 Orang.

PAMEKASAN, (News Indonesia) — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur menambah ruangan khusus untuk merawat pasien positif virus corona atau Covid-19. Sebab, ruangan yang disediakan hingga saat ini sudah overload alias penuh.

“Kita menambah bed (tempat tidur) terus, karena melebihi kapasitas pasien yang dirawat di sini. Awalnya kami merawat 18 pasien, dan beberapa hari kemarin nambah lagi 2 pasien,” ucap Ketua Penanggulangan Covid-19 RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan, Syaiful Hidayat, Selasa (15/06/2020).

Menurut dr. Syaiful, saat ini pihaknya sedang merawat 20 pasien yang terdiri dari 10 pasien positif virus corona dan 10 Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Ia mengaku, untuk merawat pasien positif Covid-19 di kabupaten Gerbang Salam harus menambah dua kamar lagi.

Biasanya, Kata dr. Syaiful, di RSUD dr H. Slamet Martodirdjo apabila mengacu terhadap standarisasi perawatan pasien, hanya disarankan boleh merawat 6 pasien Covid-19 saja. Namun kenyataannya, sampai hari ini, RSUD dr H Slamet Martodirdjo mengalami overload pasien (penuh).

“Sehingga pasien terpaksa ada yang digabung karena jumlah bed nya terbatas, pasien yang positif disatukan di dalam ruangan. Sementara PDP beda ruangan,” bebernya.

Sebenarnya kata Syaiful, di RSUD Waru  banyak bed yang kosong. Namun kendalanya, saat pasien Covid-19 dan PDP dirujuk ke rumah sakit itu, banyak yang menolak, dengan alasan terlalu jauh.

“Kita juga bingung kalau pasien menolak begitu. Ya terpaksa mereka diisolasi mandiri di rumahnya dan diawasi oleh pihak Gugus Tugas Covid-19 dari masing-masing Puskesmas tempat pasien itu berasal,” tutupnya. [AQ/kid]

Comment