JEMBER, (News Indonesia) – Pemkab Jember bekerja sama dengan United Nations Children’s Fund (UNICEF) untuk melakukan Pelatihan Perencanaan Pendidikan Berbasis Data dalam rangka Penyusunan Rencana Aksi Desa Penanganan Anak Tidak Sekolah.
Pelatihan yang digelar pada, Kamis (24/8/2023), itu dihadiri Supriyono Subakir selaku Education Consultan UNICEF Surabaya serta OPD terkait mulai jajaran Bappeda, Dinas Pendidikan, DP3AKB, dan Diskominfo Kabupaten Jember. Ditambah beberapa sekretaris desa, BBD, dan PLD dari 8 desa lokus dan juga 2 desa tambahan, Desa Kesilir dan Desa Sidomulyo.
Pada tahap awal penanganan anak tidak sekolah, Pemerintah Kabupaten Jember bersama UNICEF dan Lembaga Pelatihan dan Konsultan Inovasi Pendidikan Indonesia (LPKIPI) telah melakukan sosialisasi dan pendataan menggunakan aplikasi SIPBM di 8 Desa yang dijadikan pilot project. Setelah itu, dilanjutkan dengan tahapan rekonfirmasi.
Dalam hal ini, pemerintah desa melakukan rekonfirmasi ATS berdasar data dari SIPBM atau DAPODIK. Pada tahapan rekonfirmasi, pemerintah desa bersama SKB maupun PKBM melakukan beberapa kegiatan. Pertama, verifikasi dan validasi (verval) data, yaitu memastikan keberadaan ATS. Selanjutnya, mengedukasi dan memotivasi ATS supaya bersedia kembali melanjutkan pendidikan sekaligus proses pendaftaran kembali ke sekolah formal, SKB, atau PKBM.
Pemanfaatan data juga sangat diperlukan dalam melaksanakan program penanganan ATS. Data terkait ATS dari berbagai sumber digunakan untuk menyusun perencanaan pendidikan di tingkat desa dan kabupaten untuk memastikan semua anak usia sekolah di desa mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat jenjang SMA sederajat.
Perencanaan pendidikan yang baik tentu perlu dilengkapi dengan tersedianya dukungan anggaran, ketersediaan tim, dan payung hukum penanganan ATS oleh kabupaten baik berupa Rencana Aksi Daerah Penanganan Anak Tidak Sekolah (RAD PATS).
Dengan rangkaian tersebut, pemerintah desa bisa dengan mudah membuat kebijakan PATS secara berkelanjutan berdasar dukungan kebijakan dari Pemkab Jember. (*)
Comment