Audiensi dengan Bupati Hendy, Ini Poin-poin yang Disampaikan Forum Anak Jember

Caption: Bupati Jember, Hendy Siswanto, saat melakukan audiensi dengan FAJ.

Caption: Bupati Jember, Hendy Siswanto, saat melakukan audiensi dengan FAJ.

JEMBER, (News Indonesia) – Bupati Hendy Siswanto menerima kunjungan Forum Anak Jember (FAJ) di kantornya untuk melakukan audiensi. Kamis (20/05/2021).

Dalam agenda tersebut, turut hadir Plt Kepala DP3AKB Jember Drs. Supri Handoko dan Plt Kepala Dinas Kesehatan dr. Wiwik Supartiwi.

FAJ merupakan organisasi yang bergerak di bidang anak, di bawah DP3AKB Jember yang bertujuan untuk menjembatani aspirasi atau suara anak di Kabupaten Jember untuk disampaikan kepada pemerintah.

Ketua FAJ, Bayu dalam kesempatan tersebut memaparkan beberapa poin aspirasi anak-anak Jember dan secara langsung ditanggapi oleh Bupati Hendy.

Ada 10 aspirasi yang disampaikan, beberapa di antaranya mereka meminta Pemkab Jember untuk memperbanyak lapangan kerja supaya orangtua mereka tidak merantau ke luar daerah.

“Kami anak Jember ingin Program Indonesia Pintar (PIP) di Kabupaten Jember bisa cair dan dilakukan pengontrolan terhadap anak-anak. Kami anak Jember meminta kepada Pemkab Jember agar menyediakan fasilitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bagi semua anak tanpa memandang strata ekonomi,” urainya.

Bayu menerangkan 10 aspirasi tersebut dikumpulkan dari perwakilan anak-anak di Jember yang didapatkan secara voting online.

Bayu juga menyampaikan anak belum banyak dilibatkan dalam setiap pembentukan kebijakan sehingga mengindikasikan belum memenuhi Kabupaten Layak Anak.

Bupati Hendy menanggapi positif berbagai aspirasi, pesan dan saran yang disampaikan FAJ kepadanya.

Hendy mendorong seluruh kegiatan FAJ berfokus pada pemenuhan hak anak dari berbagai aspek seperti aspek pendidikan, aspek sosial.

“Bagaimana peran FAJ memberikan solusi atas kejadian anak masih balita dibawa mengemis di lampu merah, anak di desa masih kurang peduli dengan sekolah, kegiatan yang dilakukan agar lebih substantif lagi terhadap permasalahan yang ada lagi, hak anak itu betul-betul diawasi oleh FAJ,” pesan Bupati Hendy. (*)

Comment