oleh

‘Ngalap’ Berkah Muharam, Masjid Al-hamdulillah Giliraja Santuni Anak Yatim dan Janda

SUMENEP, (News Indonesia) — Bulan Muharam merupakan bulan penuh berkah, berbagai aktifitas dan amalan dianjurkan di bulan ini. Dalam rangka memperingati 10 Muharam 1441 H, Masjid Al-hamdulillah, Dusun Cang-Cang, Desa Lombang, Kecamatan Giligenting, Sumenep, menggelar istighosah dan santunan Anak Yatim.

Kegiatan yang digelar pada Selasa (10/9/2019) malam ini, merupakan kegiatan tahunan, dimana kegiatan kali ini merupakan santunan anak yatim ke–8.

“Ini kegiatan ke–8 yang kami laksanakan, tepat pada 10 Muharam karena tanggal tersebut juga dikenal sebagai hari raya Anak Yatim,” ungkap Umar Al Farug, Ketua Takmir Masjid Al-hamdulillah.

Istighosah akbar ini, kata Umar, merupakan rangkaian agenda lanjutan pembagian beras kepada 75 janda miskin, pada pagi tadi, sedang malam ini istighosah akbar dan santunan anak yatim maupun piatu.

“Mereka merupakan anak desa Lombang yang menerima santunan. Penyerahan santunan langsung diberikan secara bergiliran oleh masyarakat setempat dan undangan yang hadir. setelah istighosah atau doa bersama,” imbuhnya.

Dana santunan anak yatim dan beras yang diserahkan kepada para janda lanjut usia tersebut didapatkan dari swadaya donatur peserta istighosah, terkumpul Rp.6.650.000,-.

“Ada 8 anak yatim dan 75 janda miskin, yang semuanya berasal asli dari Desa Lombang,” terangnya.

Kepala Desa Lombang Juherman, mengatakan, kegiatan ini sangat positif, ini merupakan salah satu kegiatan kemanusiaan.

Pelajaran yang dapat dipetik dari kegiatan semacam ini, bahwa masih ada masyarakat kurang mampu yang membutuhkan uluran tangan para dermawan.

“Kita sesama manusia pada dasarnya memang harus saling membantu, apalagi sesama umat muslim, semoga kita dapat istiqomah saling membantu, meringankan beban hidup sesama,” tuturnya. [arif/faid]

Komentar

BERITA TERBARU