Atasi Banjir, Pemdes Arjasari Indramayu Bangun TPT

Pemerintah Desa Arjasari, Kecamatan Patrol, Kabupaten Indramayu, saat membangun saluran irigasi berupa tembok penahan tanah (TPT) di lokasi blok lapangan, dibantu warga setempat.

INDRAMAYU, (News Indonesia) — Guna menunjang sarana dan prasarana pengairan dan menunjang kebutuhan petani, Pemerintah Desa Arjasari, Kecamatan Patrol, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, membangun saluran irigasi berupa tembok penahan tanah (TPT) di lokasi blok lapangan.

Pembangunan TPT mulai dilaksanakan Pemdes Arjasari beberapa hari lalu dengan volume 402 x 0,3 x 0,8 meter.

“Pembangunan TPT ini bersumber dari dana desa tahap tiga tahun 2019 dengan total anggaran Rp. 134.304.000. pekerjaannya saat ini sudah mencapai 70 persen,” kata Kepala desa (Kuwu) Arjasari, Jamaludin.

Selain untuk mengairi area persawahan, pembangunan TPT juga diharapkan mampu mencegah terjadinya banjir. Jamal mengaku, lokasi yang sekarang sedang dibangun TPT merupakan langganan banjir apabila musim hujan datang.

“Mudah-mudahan setelah dibangun TPT tidak lagi terjadi banjir,” ucapnya.

Jamal menyampaikan, mayoritas mata pencaharian warganya adalah petani. Oleh karena itu, dalam rangka untuk menunjang kebutuhan petani dan sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat, dana desa tahap tiga dialokasikan untuk pembangunan TPT.

“Saluran ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat desa kami. Selain untuk mencegah banjir juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat petani,” tuturnya.

Ia menambahkan, pembangunan TPT menjadi skala prioritas dalam pembangunan desanya karena sesuai dengan keinginan masyarakat yang mayoritas para petani.

”Setiap pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemdes adalah atas usulan warga melalui Musrenbangdes,” terangnya.

Menurutnya, pembangunan yang dilakukannya sudah melewati tahapan sesuai prosedur yang ada, dimana seluruh pembangunan merupakan hasil dari musyawarah mufakat bersama masyarakat.

Sementara untuk transparansi, pihaknya mengklaim menjunjung asas keterbukaan, dimana setiap ada kegiatan pembangunan desa selalu memasang papan informasi dan memberlakukan sistem padat karya tunai (PKT) sesuai dengan aturan yang ada.

“Setiap pembangunan desa dikelola oleh oleh Tim Pelaksana Kegiatan sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat, karena peran aktif warga dalam melaksanakan pembangunan adalah salah satu kunci keberhasilan pembangunan. Kata kunci tersebut berlaku mutlak pada pembangunan di tingkat desa,” pungkasnya. [dais/faid]

Loading...

Comment