Warga Positif Virus Corona di Sumenep Terus Bertambah

Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, saat menggelar konferensi pers di ruang media center pencegahan dan penanganan Covid-19.

SUMENEP, (News Indonesia) — Seorang pekerja asal Sumenep, Madura, Jawa Timur, dinyatakan positif Virus Corona atau Covid-19. Berdasarkan data, ke enam pasien terkonfirmasi positif tersebut merupakan cluster pekerja Surabaya.

Pasien ke enam tersebut dinyatakan positif usai menjalani rapid test (tes cepat) yang menunjukkan hasil reaktif.

“Untuk pasien keenam ini, memang warga Sumenep, tapi bekerja di Surabaya. Dengan reaktif itu, maka dia pulang ke Sumenep dan langsung melakukan isolasi mandiri. Dan kemarin hasil swab turun, hasilnya positif,” ungkap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sumenep, R. Ferdiansyah Tetrajaya, Jumat (15/05/2020).

Usai dinyatakan positif berdasarkan lanjut Ferdian, pasien itu langsung diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Sumenep.

“Jadi, secara keseluruhan enam pasien positif Covid-19 merupakan bawaan dari luar daerah. Dalam artian terpapar di daerah Surabaya,” bebernya.

Sementara itu, menurut Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, saat ini seluruh stakeholder di kota keris harus lebih mengoptimalkan aturan protokol kesehatan. Di samping itu, bagi warga yang sudah dinyatakan positif agar tidak kontak dengan siapapun.

“Pasien positif jangan ada kontak, itu sesuai SOP, ini soal nyawa, jangan bermain-main, pihak rumah sakit harus tegas, tidak boleh ada yang menemui pasien di sana,” tegas Busyro.

Selain itu, Bupati dua periode ini juga menginformasikan, 4 TKHI yang dinyatakan positif pertama hingga saat ini masih menjalani perawatan. Sementara, pasien terkonfirmasi positif dari karyawan Bank Jatim sudah dinyatakan negatif Covid-19.

“Pasien nomor 5 sudah sembuh, hasil swabnya 2 kali sudah negatif. sementara empat pasien positif yg lebih awal, masih dalam tahap perawatan, belum berubah ke negatif,” tandas Bupati Busyro. [kid/faid]

Comment