oleh

Nyalon Kades Karena Dana Desa yang Besar, Begini Pesan Menohok Camat Dungkek Sumenep

SUMENEP, (News Indonesia) — Jelang pelaksanaan Pilkades serentak di wilayah daratan se-kabupaten Sumenep, Kamis (7 November 2019) mendatang, beberapa Kecamatan menggelar deklarasi damai, salah satunya dilakukan oleh Kecamatan Dungkek, di pendopo setempat. Rabu (30/10/2019).

Disela-sela acara, Camat Dungkek, Moh. Zaini menyampaikan pentingnya menjaga kondusifitas menjelang pemilihan kepala desa di seluruh wilayah Kecamatan dengan kadar oksigen tertinggi kedua di dunia ini.

“Pilpres dan Pileg sudah usai, Alhamdulillah Kecamatan Dungkek aman dan damai, saya ingin dalam pemilihan kepala desa kali ini juga demikian, jangan sampai ada tindakan yang dapat mengganggu stabilitas sosial,” terangnya.

Mantan Kabid Penempatan dan Transmigrasi Dinas Tenagakerja (Disnaker) Kabupaten Sumenep ini juga mengatakan, saat ini posisi kepala desa dinilai menggiurkan di mata masyarakat dengan kucuran dana desa yang luar biasa dan fantastis dari pemerintah.

“Dana desa memang menggiurkan, tapi jangan sampai ada niatan mencalonkan diri menjadi kepala desa, karena besarnya anggaran dana desa, nanti akan tergiur dan bisa diselewengkan,” pesannya.

Lebih lanjut Zaini menambahkan, menjadi kepala desa, hakikatnya memikul amanah dan tanggungjawab besar dari masyarakat, untuk itu pihaknya berpesan agar jangan sampai bermotif kepentingan pribadi.

“Apabila ada yang berniatan mencalonkan diri sebagai kepala desa karena program DD, itu sudah keliru dan tidak benar. Ingat, menjadi kepala desa memikul amanah dan tanggungjawab besar, jangan sampai ada pikiran kesana,” tegas mantan Camat Sapekan ini.

Terakhir, Moh. Zaini berpesan kepada seluruh calon kepala desa yang kelak terpilih, agar bisa membangun dan mengembangkan desanya masing-masing.

“Untuk itu, camkan baik-baik jangan sampai terlena dengan Dana Desa, karena sudah banyak kepala desa yang masuk bui akibat tidak benar dalam menggunakan DD, siapapun yang terpilih nanti, silahkan bangun dan kembangkan desa masing-masing dengan baik dan benar, supaya menjadi desa yang aman dan sejahtera,” pungkasnya.

Untuk diketahui, acara tersebut dihadiri oleh seluruh calon kepala desa sebanyak 31 orang dari 11 desa, 4 calon perempuan dan sebanyak 27 laki-laki. Hadir juga dalam acara, kapolsek Dungkek, Danramil Dungkek, Pj kepala desa, Ketua BPD, Ketua Panitia, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Pantauan di lokasi, acara deklarasi berakhir setelah penandatanganan simbolik bersama dengan para calon kepala desa dan beberapa pihak terkait. [kid/jie]

Komentar

BERITA TERBARU