oleh

Gerakan Pungut Sampah, Cara Kades Lobuk Sumenep Ajak Warga Revitalisasi Pantai

SUMENEP, (News Indonesia) — Sebagai salah satu cara mengembalikan kondisi pantai agar bersih dan bebas sampah, Kepala Desa Lobuk, Kecamatan Bluto, Sumenep, Madura, Jawa Timur, menginisiasi agenda bersih bersih bibit pantai. Minggu (8/3/2020) pagi.

Sebelum aksi kepedulian terhadap kebersihan pantai dan laut dilakukan, para ibu ibu TP. PKK Desa Lobuk, menggelar senam sehat di area pantai.

Revitalisasi pantai yang diprakarsai karang taruna buih biru dan Pemuda Lobuk Bersatu (Joker) serta BPD, Pemdes Lobuk, dari Perangkat hingga jajaran RT/RW, BUMDes Pelangi Nusantara, OSIS MTs Sunan Giri, dan Masyarakat Desa Lobuk. Termasuk dari Forpimka Bluto dan DLH Kabupaten Sumenep, berlangsung penuh kegotong royongan.

“Kita ingin menghidupkan kembali semangat gotong royong di tengah masyarakat kita, Alhamdulillah agenda bersih bersih pantai di dusun Lobuk hari ini berjalan kompak dan penuh semangat kegotong royongan,” terang Kepala Desa Lobuk, Mohammad Saleh, ditemui usai agenda bersih bersih.

Baca Juga: Pelantikan Karang Taruna Buih Biru, ini Harapan Kades Lobuk

Menurutnya, bersih-bersih sampah di pantai ini dilatarbelakangi banyaknya sampah yang ada di laut dan bibir pantai. Apalagi Lobuk memiliki pantai yang cukup panjang. Sementara rerata aktivitas masyarakat dilaksanakan di laut.

“Kita lihat sudah banyak sampah di laut, makanya kita ajak masyarakat bersih-bersih pantai. Karena dengan pantai yang bersih seluruh masyarakat pasti akan merasa nyaman dan senang. Dalam jangka panjang, kalau pantai dan lautnya bersih, generasi yang akan datang pasti akan lebih baik,” sebutnya.

Foto: Aksi kepedulian terhadap kebersihan pantai dan laut dilakukan ibu ibu TP. PKK Desa Lobuk, usai menggelar senam sehat di area pantai. (dok: Moh Saleh for newsindonesia.co.id)

Pantauan di lokasi, warga setempat tampak antusias memungut sampah yang berserakan di bibir pantai. Dari kegiatan itu, berhasil dikumpulkan kurang lebih 4 truk sampah yang didominasi sampah plastik.

“Didominasi sampah plastik seperti kantong plastik, plastik bekas minuman dan sampah jenis lainnya,” bebernya.

Melihat banyaknya sampah yang didapatkan, Saleh kembali mengingatkan masyarakat untuk peduli kepada kebersihan pantai dan laut. Dia mengajak masyarakat mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita harus mengurangi penggunaan plastik, termasuk jangan membuangnya ke laut. Memang tidak bisa serta Merta. Tapi kita kurangi sedikit demi sedikit,” ajak Saleh.

“Insya Allah, hari Jumat kita akan turun lagi bersama para nelayan untuk melanjutkan aksi bersih bersih bibir pantai,” imbuhnya.

Heri Fadli Wahyudi, Ketua Karang Taruna Buih Biru, mengaku senang bisa menginisiasi kegiatan tersebut. Sebab dia bisa berpartisipasi membersihkan sampah khususnya yang ada di pantai dan laut.

“Mari kita sama-sama menjaga kebersihan, terutama jangan membuang sampah ke laut, agar lingkungan kita lestari,” tuturnya. [ifa/faid]

Loading...

Komentar

BERITA TERBARU