Pemkab Jember Targetkan 2022 Sudah Terapkan SPBE

Foto: Bupati Hendy Siswanto mengadakan rapat bersama OPD dan Anugerah Pratama di Pendapa Wahyawibawagraha.

JEMBER, (News Indonesia) – Bupati Jember, Hendy Siswanto menargetkan birokrasi pemerintahan yang dipimpinnya menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada tahun 2022.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Bupati mendatangkan tim dari Anugerah Pratama yang telah berpengalaman mendampingi beberapa pemerintah daerah dalam penerapan SPBE di semua lini aktivitas birokrasi pemerintahan.

“Terus terang ini menjadi penting bagi kita semua, dengan sistem pemerintahan berbasis elektronik ini akan menyelematkan kita semua, kita di dalam tugas sehari-hari dan tanggungjawab kita akan lebih ringan dan keamanannya lebih bagus daripada sistem bekerja pemerintahan secara konvensional,” kata Bupati Hendy Siswanto.

Meskipun telah bekerja dengan baik, lanjut Hendy, tapi setelah diperiksa ternyata ada yang kurang pertanggungjawabannya maka tetap akan berdampak buruk bagi diri sendiri. Oleh karena itu, penting dalam mengamankan seluruh aktivitas pekerjaan.

“Nah apabila sudah ada sistemnya, bukti dari setiap pekerjaan kita bisa lebih aman lagi,” imbuhnya.

Bupati Hendy Siswanto menceritakan pengalamannya saat dulu menjadi seorang ASN di Ditjen Perhubungan Darat dan Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Dirinya sering dituduh menggelapkan anggaran yang nilainya besar, namun karena dirinya rutin mengamankan bukti pekerjaannya maka tuduhan itu tidak terbukti.

“Nah dari cerita ini maka sistem berbasis elektronik ini wajib sudah, karena kami harus mempersiapkan diri untuk mempertanggungjawabkan pekerjaan kita, bahkan setelah kita sudah tidak menjabat lagi. Kalau masih menjabat lumrah masih punya berkasnya, tapi kalau kita sudah pensiun bagaimana jika ada yang mempertanyakan pekerjaan kita sedangkan bukti kerjaan kita ternyata hilang, maka dari itu sistem ini sangat penting, dan sistem ini mengintegrasikan seluruh pejabat mulai dari sekda hingga paling bawah,” pungkasnya. (*)

Comment