Intip Antusiasme Warga Jubung Jember Ikut Vaksinasi

Foto: Antusiasme warga Desa Jubung, Kecamatan Sukorambi, Jember, saat mengikuti vaksinasi massal yang dilaksanakan di balai desa setempat.

JEMBER, (News Indonesia) – Kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksin dalam melindungi ketahanan tubuh dari paparan virus terlihat lewat antusiasme warga Desa Jubung, Kecamatan Sukorambi, Jember, dalam mengikuti vaksinasi massal yang dilaksanakan di balai desa setempat, Sabtu (26/6/2021).

Kepala Desa Jubung, Bhisma Perdana mengungkapkan, semangat warga mengikuti vaksinasi massal melalui program Polri sehari sejuta vaksin itu melebihi target awal Pemdes Jubung. Tercatat, ada 300 warga yang sudah mendaftar ikut vaksinasi.

“Kami menargetkan 150 orang, ternyata antusias warga sangat baik, sekarang saja sudah lebih 150 orang jadi kami naikkan menjadi 300 orang warga,” ujarnya, disela kegiatan.

Tingginya minat warga dalam vaksinasi tidak terlepas dari pentingnya sebuah edukasi. Bhisma menyebut, jauh hari sebelumnya, pihaknya kerap melakukan sosialisasi akan pentingnya vaksin sebagai upaya proteksi dan meminimalisir penyebaran Covid-19.

Bhisma mengapresiasi dan bangga dengan kesadaran warganya untuk menjaga daya tahan tubuh dengan mengikuti vaksinasi tanpa ada iming-iming hadiah atau embel-embel lainnya.

“Ini merupakan panggilan negara, bagaimana upaya kita dengan bersama-sama memerangi Covid-19. Dan, ini murni kesadaran warga, tanpa diimingi hadiah seperti di daerah lain mereka sangat antusias mengikuti vaksinasi,” ucapnya.

“Hadiahnya mungkin nanti ya pas Agustus-an, setelah semuanya divaksin kita merayakannya dengan lomba-lomba,” selorohnya.

Soal adanya informasi mengenai efek samping usai disuntik vaksin, Bhisma menyatakan hal tersebut tidak banyak mempengaruhi warga karena dari awal sudah memberikan edukasi.

“Tidak terlalu mempengaruhi, karena kesadaran masyarakat sangat tinggi bagaimana pentingnya menjaga kesehatan,” katanya.

Meski telah mengikuti vaksin tahap pertama, Bhisma mengimbau kepada warganya untuk tetap menerapkan protokol kesehatan terlebih bagi warga dengan mobilitas tinggi karena vaksin hanya meminimalisir masuknya virus.

Di tempat yang sama, Camat Sukorambi Bambang Rudi menyampaikan, sampai saat ini belum semua desa di wilayahnya melaksanakan vaksinasi massal. Selain Desa Jubung, sebelumnya sudah ada tiga desa yang melakukan vaksinasi sedangkan lainnya masih menunggu jadwal yang akan dilakukan secara bertahap.

“Sebelumnya tiga desa, dan ada yang belum. Khusus Desa Jubung hari ini saya melihat antusias warga cukup tinggi,” ujarnya.

Juwita salah seorang warga menyambut baik adanya vaksinasi massal yang digelar gratis tersebut. Ia mengaku, mendapatkan informasi vaksinasi di balai desa melalui WhatsApp grup.

“Seneng ya ada vaksinasi biar gak kena virus,” ucapnya. (*)

Comment