oleh

Deklarasi Damai untuk Pilkades Serentak di Kabupaten Jember

JEMBER, (News Indonesia) — Pemerintah Kabupaten Jember menggelar deklarasi damai Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2019, di Aula PB Sudirman, Kantor Pemkab Jember. Senin (2/9/2019).

Perhelatan akbar yang sangat menentukan masa depan Kabupaten Jember itu, juga akan diawali dengan memasuki masa tenang selama 3 hari sebelum pelaksanaan di masing-masing pembagian wilayah pelaksanaan pilkades, dengan mensterilkan wilayah pelaksanaan dari atribut calon kepala desa dan menghentikan kegiatan kampanye.

Bupati Jember dr. Hj. Faida mengajak seluruh pihak yang terlibat dalam Pilkades serentak kabupaten Jember 2019 yang melibatkan 508 calon kepala desa dari 31 kecamatan yang dihadiri muspika, forkopimda, BKD setempat dan juga Tim sukses, untuk mengawal Pilkades secara damai.

“Bagaimanapun proses ini sejatinya adalah proses untuk mensejahterakan masyarakat yang melalui satu pesta demokrasi yang harus berjalan dengan aman dan nyaman,” kata Bupati.

Bupati perempuan pertama di Jember ini menyatakan bahwa deklarasi damai merupakan sebuah perwujudan semangat dari semua elemen masyarakat, Pemerintah Kabupaten, pihak kepolisian dan TNI serta seluruh jajaran pemerintahan, dan sekaligus wadah silaturahim bagi pihak-pihak yang berkompeten, terutama bagi masing-masing calon kepala desa.

Baca Juga: Pemkab Jember Gelar Wayang Kulit, Sambut Tahun Baru Islam

“Momen ini adalah momen yang bersejarah, karena semua pihak yang turut hadir dalam deklarasi ini adalah saksi untuk penegakan pembangunan demokrasi di Kabupaten Jember,” jelas Bupati.

Momentum deklarasi ini, kata Bupati, bukan sekedar seremonial belaka, tetapi juga untuk mempertegas sikap peserta pilkades untuk berkomitmen dan konsisten dalam menciptakan situasi yang kondusif baik sebelum dan sesudah pelaksanaan pilkades di daerahnya masing-masing.

“Perlu kedewasaan dalam berfikir dan berperilaku untuk calon yang berkompetisi, karena persatuan dan kesatuan jauh lebih penting dibanding kepentingan sekedar menang dan kalah,” tandasnya.

Dari catatan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, terdapat 1.117.694 pemilih dalam Pilkades serentak ini. pelaksanaannya akan dibagi menjadi 4 tahap, yakni:

Tahap 1 dilaksanakan pada tanggal 5 September 2019, untuk pelaksanaan pilkades di wilayah utara dan timur Jember yang terdiri dari 45 desa di 7 kecamatan. Jumlah calon kepala desa 162 orang, terdiri dari 148 laki-laki dan 14 perempuan Jumlah DPT : 221.784 orang.

Tahap 2 dilaksanakan pada tanggal 12 September, untuk wilayah selatan Jember yang terdiri dari 37 desa di 6 kecamatan. Jumlah calon kepala desa 117 orang, terdiri dari 103 laki-laki dan 14 perempuan dengan Jumlah DPT 319.096 orang.

Tahap 3 dilaksanakan pada tanggal 19 September 2019 untuk wilayah barat Jember yang terdiri dari 40 desa di 7 kecamatan. Jumlah calon kepala desa 114 orang, terdiri dari 102 laki-laki dan 12 perempuan, dengan Jumlah DPT: 308.589 orang.

Dan tahap ke 4 dilaksanakan pada tanggal 26 September 2019 untuk wilayah tengah Jember yang terdiri dari 39 desa di 8 kecamatan. Jumlah calon kepala desa 115 orang, terdiri dari 99 laki-laki dan 16 perempuan, dengan Jumlah DPT 268.225 orang. [hakam/faid]

Loading...

Komentar

BERITA TERBARU