Destinasi Wisata Sumenep Mulai Dibuka, Prokes Wajib Diperhatikan

Pengunjung saat menikmati indahnya wisata pantai keris yang berlokasi di Desa Gersik Putih, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, Madura. (Foto: FB Pantai Keris)

SUMENEP, (News Indonesia) — Demi memulihkan kondisi ekonomi akibat wabah virus corona, sejumlah wisata di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur diperkenankan buka.

Meski demikian, kepatuhan pada protokol kesehatan (Prokes) diharuskan untuk diterapkan oleh masing-masing pengelola destinasi wisata.

“Objek wisata sudah bisa dinikmati oleh pengunjung,” terang Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Bambang Irianto, saat ditemui di kantornya, Senin (26/10/2020).

“Iya catatannya harus tetap mematuhi protokol kesehatan dan tetap dibatasi pengunjungnya. Kami sudah wanti-wanti ini,” imbuhnya.

Mantan Kepala Disdik Sumenep ini menambahkan, kendati objek wisata dibuka, apabila ada pengelola yang dinilai abai akan Prokes maka tetap akan ditindak tegas. Hal itu sebagai upaya untuk memutus dan meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Maka dari itu, para pengelola wisata harus selalu bersinergi dan bekerjasama dengan pemerintah,” tegasnya.

Meski telah dibuka, dari laporan yang diterima pihaknya hingga saat ini masih belum ada pelancong yang datang ke objek wisata di Sumenep, seperti Pantai Lombang.

“Belum ada, belum itu. Gak ada turis masuk,” ucapnya.

Untuk informasi, sejak pandemi Covid-19 melanda seluruh negeri, pemerintah mengeluarkan kebijakan agar destinasi wisata ditutup sementara waktu.

Hal itu bertujuan agar virus yang disinyalir muncul dari Kota Wuhan Cina, bisa ditekan penyebarannya.

Tak hanya itu, Presiden RI, Joko Widodo juga mengeluarkan Inpres Nomor 6 Tahun 2020 guna memaksimalkan penanganan pandemi Covid-19. (*)

Loading...

Comment