Pemkab Sampang Salurkan Bantuan Program Jaslud Sebanyak 2.336 Tahap 4

Foto: Pihak Bank Jatim beserta Pendamping saat melakukan Penyaluran Jaslud Tahap 4.

Foto: Pihak Bank Jatim beserta Pendamping saat melakukan Penyaluran Jaslud Tahap 4.

SAMPANG, (News Indonesia) — Pemerintah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, melalui Dinas Sosial kembali menyalurkan bantuan Jaminan Sosial Lanjut Usia atau (Jaslut) dengan menggandeng Bank Penyalur yaitu Bank Jatim pada tahap ke empat ini.

Total penerima bansos Jaslut di Kabupaten Sampang yang terbagi di enam Kecamatan sebanyak 2.336 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Untuk wilayah kecamatan yang mendapatkan Program Jaslut diantaranya Kecamatan Camplong Sebanyak 546 KPM, Jrengik 151 KPM, Omben 321, Pengarengan 139 KPM, Robatal 759, Sreseh 185.

Karena berada di tengah pandemi Covid-19, proses penyaluran dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, petugas dan masyarakat penerima berada pada jarak aman atau physical distancing. Seperti yang berlangsung di wilayah kecamatan Robatal Yang di Lakukan Di balai Desa Jelgung kecamatan Robatal.

Untuk wilayah Kecamatan Robatal sendiri menyalurkan sebanyak 759 yang tersebar di 9 Desa di Kecamatan Robatal, Kabupaten Sampang, yang berlangsung di Balai Desa Jelgung dimulai dari tanggal 24 sampai dengan 30 Desember.

Petugas Bank Jatim menyalurkan bantuan uang tunai Rp 500 ribu untuk tahap 4 yang diberikan kepada KPM PKH plus sesuai saldo yang dikirim oleh Pemerintah Provensi.

Koordinator Kecamatan Robatal, Suhar menjelaskan, kegiatan penyaluran Jaslut tahap 4 berlangsung dari tanggal 24 hampir 90% tersalurkan semua, ada beberapa KPM Lansia yang belum melakukan penyaluran dikarnakan Fisik yang tidak mungkinkan, diantara ada yang lumpuh dan sudah sepuh yang tidak bisa melakukan aktivitas apapun, hanya berbaring di tempat tidur.

“Tapi pihak penyalur dalam hal ini Bank Jatim bersama pendamping akan mendatang KPM tersebut agar Uang Bantuaan dapat dicairkan,” ujarnya. Selasa (29/12/2020).

Jaslut merupakan program kolaborasi Pemerintah Pusat, Provinsi Jatim dan Pemerintah Kabupaten Sampang. Sementara itu, setiap penerima manfaat mendapatkan jatah bantuan sebesar Rp 2 juta pertahun, yang diterimakan dalam empat kali bayar. Sehingga setiap kali penyaluran senilai Rp 500 ribu untuk tiap KPM.

Melalui bansos Jaslut ini, Dinsos Kabupaten Sampang berharap dapat meringankan beban perekonomian masyarakat, khususnya di tengah krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Sementara itu, penyaluran di enam wilayah kecamatan di Kabupaten Sampang ini menutup rangkaian distribusi Jaslut untuk tahap Empat di Tahun 2020. (*)

Loading...

Comment