Mengenal ‘Pentol Gapek’, Jajanan Hits Muda-Mudi Sumenep

SUMENEP, (News Indonesia) -- Setiap daerah pasti memiliki ciri khas masing masing baik tradisi, budaya, dan makanan yang menjadi pembeda dari daerah-daerah lain. Ambunten, salah satu kecamatan di Kabupaten Sumenep yang juga memiliki camilan khas berupa 'pentol gapek'.

SUMENEP, (News Indonesia) — Setiap daerah pasti memiliki ciri khas masing masing baik tradisi, budaya, dan makanan yang menjadi pembeda dari daerah-daerah lain. Ambunten, salah satu kecamatan di Kabupaten Sumenep yang juga memiliki camilan khas berupa ‘pentol gapek’.

Pentol gapek ini salah satu pentol yang terkenal atau hits di kabupaten Sumenep. Di kawasan ini banyak berdiri warung-warung di sekitaran jalan yang menjual pentol gapek, walaupun di wilayah kecamatan kota ada yang menjual makanan ini, tapi yang maknyus pastilah yang dari tempat asalnya.

Pentol gepek mulai ngehits sekitar tahun 2015, padahal pentol ini sudah ada sejak tahun 2000 lalu. Namun seiring perkembangan internet, cemilan ini mulai terkenal dan bahkan sudah terkenal keluar kota.

Pangsa pasar pun menembus angka yang lumayan besar, income dari usaha UMKM ini bisa mengalahkan gaji pegawai. Jadi tidak heran jika pentol gepek akan menjadi kuliner Terhits sepanjang masa.

“Enak pas lagi hangat, rasa ikannya pas dan gak berbau amis,” ucap Wandira salah seorang penikmat pentol gapek, Jumat (1/5/2020).

Awalnya seperti pentol bakso yang bahannya dari ikan tongkol. Pasti penasaran kenapa harus ikan tongkol. Seperti dilansir dari beberapa opini produsen pentol gepek, bahwa ikan tongkol dipercaya lebih enak untuk dibuat pentol dibandingkan dengan ikan laut yang lain. Apalagi tongkol adalah salah satu hasil tangkapan yang paling umum di kalangan nelayan di wilayah Ambunten ini.

“Dinamakan gepek, karena bentuknya yang bulat dan kenyal itu dipress atau dijepit bersamaan dengan tahu bakso dengan alat khusus yang dikenal dengan istilah ‘pagamberan’. Nanti keduanya dijepit sampai¬† berubah bentuk jadi lembaran tipis,” kata Fitri (29) salah satu pengelola.

Fitri bercerita, saat lembaran sudah mulai tipis dilengkapi dengan tekstur garis yang berbentuk bunga maka tampilan pun akan terlihat indah. Desain daripada deretan garis tersebut merupakan bentuk asli dari alat penjepit gambir yang memiliki fungsi untuk menghindari penyot dan bantat.

Pentol gapek yang berupa lembaran siap disantap dengan sambal khusus. Sambalnya juga kental karena terbuat dari kanji dengan bumbu cabe, bawang merah, bawang putih, serta daun bawang.

Jajanan tradisional ini sengaja dibuat unik untuk menarik selera konsumen. Dan juga bisa dibuat kriuk lezat sesuai pesanan. Para penjual yang mayoritas tinggal di daerah pesisir ini menjadi tumpuan pecinta jajanan kuliner yang ingin menikmati lezatnya makanan khas desa.

Bahan dasarnya terbuat dari ikan tongkol yang sudah dihaluskan dicampur dengan bahan pembuatan pentol pada umumnya. Bedanya tidak ada daging atau ayam. Bentuknya juga tidak dibuat seperti pentol pada umumnya. Melainkan dibuat bulat besar dan melingkar. Besar lingkaran hampir menyerupai piring yang dibuat makan.

Uniknya kuliner ini bisa didapatkan dimana mana, sudah bisa pesan di gofood, lazada dan juga tinggal order melalui media sosial (medsos). [ifa/kid]

Comment