Libatkan Tim Dokter, Dinas Peternakan Sumenep Periksa Hewan Qurban

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumenep, Khaeru Ahmadi, saat memantau sejumlah hewan qurban menjelang Iduladha 1441 H.

SUMENEP, (News Indonesia) — Dinas Ketahanan Pangan dan Pertenakan (DKPP) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melibatkan tim dokter untuk memeriksa hewan qurban.

Kegiatan kali ini menyasar dua titik lokasi. Pertama, di Pamolokan dan yang kedua Jalan Lontar, Kecamatan Kota Sumenep.

“Kegiatan ini sebenarnya telah dilakukan oleh tim hewan kami semenjak tanggal 11 Juli lalu. Sejauh ini, belum ditemukan hewan ternak yang sakit,” terang Sekertaris Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumenep, Khaeru Ahmadi. Senin, (27/7/2020).

Khaeru menambahkan, menjelang Iduladha 1441 H, pihaknya ingin memastikan seluruh hewan qurban yang berada di pasar maupun tempat penampungan dalam kondisi sehat dan layak dikonsumsi.

Untuk itu, Tim Medik yang diturunkan sudah dipastikan terlatih dengan kualifikasi sertifikat resmi untuk membantu dokter hewan sewaktu di lapangan.

“Sebanyak 32 orang tim khusus kesehatan hewan sudah tersebar di wilayah daratan maupun kepulauan Kabupaten Sumenep,” ungkap Khaeru.

“Kami juga mengimbau para pedagang hewan ternak untuk tidak melakukan perawatan secara berkala yang sekiranya nanti bisa merugikan pada hewan itu sendiri,” imbuhnya.

Dalam pemantauan tersebut, pihaknya belum menemukan hewan yang tidak layak dikonsumsi. Hanya saja, terdapat beberapa hewan yang keluar air mata akibat faktor kebersihan.

“Untuk hewan yang keluar air mata mungkin itu kena debu atau kena pakan. Kami instruksikan segera dibersihkan saja, tidak masalah itu,” tandasnya. (*)

Loading...

Comment