oleh

Lantik 255 Pejabat, Bupati Sumenep; Rotasi Jabatan Sudah Melalui Pertimbangan

SUMENEP, (News Indonesia) — Sebanyak 255 Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai dari Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PPTP), Administrator, Pengawas, dan Kepala Sekolah di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep resmi dilantik, di Pendopo Agung Keraton Sumenep, Madura, Jawa Timur. Selasa (7/1/2020) malam, sekitar pukul 20.00 WIB.

Bupati Sumenep, A. Busyro Karim dalam sambutannya mengutip sejarah kepemimpinan sewaktu menentukan jabatan pemerintahan. Tepatnya ketika Abu Dzar Al-Ghifari meminta untuk dijadikan Gubernur, akan tetapi ditolak oleh Rasulullah.

“Penempatan kepemimpinan bukan dikarenakan umur dan kecakapannya, namun harus berdasarkan kemampuan di bidangnya, karena begitulah cara Rasulullah sewaktu memimpin,” jelasnya.

Bahkan, kata politisi partai besutan Gus Dur ini, Abu Dzar Al-Ghifari banyak memiliki jasa terhadap Rasulullah, mulai dari peperangan, strategi, bahkan dikenal sebagai sosok yang tidak kenal kompromi.

“Bukan karena Abu Dzar Al-Ghifari ini lemah, justru Ia dikenal paling berani, akan tetapi para ahli tafsir mengatakan karena Ia dikenal sebagai pejuang, pemberontak, dan susah diajak kerjasama, maka akan sulit jika menjadi pemimpin, sebab tidak akan bisa mengakomodir kepentingan rakyat,” sebutnya.

Terlebih kata Bupati, sewaktu Khalid Bin Walid di angkat menjadi pemimpin, banyak dari kalangan sahabat yang sudah tua berbisik dan bertanya, kenapa Rasulullah lebih memilih anak muda yang masih berusia 25 tahun, daripada mereka yang sudah susah payah berjuang.

“Jawabannya sederhana, karena Khalid Bin Walid dipandang layak oleh Rasulullah mengisi posisi di pemerintahan, salah satunya Ia mampu menaklukkan Kota Konstantinopel,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Bupati dua periode ini, rotasi jabatan merupakan salah satu ikhtiar baik, untuk kemajuan Kabupaten berlambang kuda terbang.

“Semoga setelah selesai dilakukan pengukuhan dan pelantikan, seluruh pejabat ini mampu membawa perubahan yang signifikan untuk Kabupaten Sumenep, selamat dan semoga berkah,” harapnya. [kid/faid]

Loading...

Komentar

BERITA TERBARU