Jelang Akhir Tahun 2021, Pimpinan DPRD Sumenep Ingatkan OPD Untuk Maksimalkan Serapan Anggaran

Foto: Wakil Ketua DPRD Sumenep, Madura, Indra Wahyudi. (Foto: Istimewa)

SUMENEP, (News Indonesia) – Menjelang akhir tahun atau tutup buku 2021, Wakil Ketua DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, Indra Wahyudi, meminta Organisasi perangkat daerah (OPD) untuk memaksimalkan sisa anggaran.

“Kami tidak ingin anggaran yang bersumber dari APBD 2021 banyak tidak terserap, sehingga ada sisa lebih penghitungan anggaran (Silpa),” tersngnya.

Kinerja OPD, kata Indra harus juga ditingkatkan. Dan sejumlah kegiatan baik fisik maupun non fisik yang dianggarkan di APBD 2021 diminta untuk segera dituntaskan agar tidak ada Silpa lantaran tidak terserap.

“Jangan sampai tahun ini seperti tahun 2020 yang menyisakan banyak anggaran lantaran tidak terserap,” terangnya.

Politisi partai besutan SBY tersebut menyebutkan, pada tahun sebelumnya masih tersisa silpa mencapai Rp. 400 miliar, karena banyak kegiatan tidak terlaksana.

Padahal menurut Indra badan anggaran DPRD Sumenep seringkali mengingatkan tim anggaran pemerintah daerah agar menggunakan anggaran sesuai dengan rencana dan kegiatan yang ada.

“Masalah klasik seperti tingginya anggaran yang tidak terserap setiap akhir tahun, tidak boleh terulang di tahun ini,” pintanya.

Saat ini masih ada sisa waktu untuk menuntaskan kegiatan prioritas yang bersumber dari APBD 2021.

“Penyerapan anggaran juga menjadi bagian penting untuk memacu pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi seperti sekarang ini,” terangnya.

Indra juga meminta pekerjaan yang dikerjakan akhir tahun jangan asal-asalan, kualitas pekerjaan harus tetap dijaga. Jangan terkesan hanya kerjar tayang agar selesai tepat waktu.

“OPD harus melakukan pengawalan, pastikan pekerjaannya sesuai ketentuan dan spesifikasi yang ditentukan,” pungkasnya. (*)

Comment