Gandeng Unisma, RSUD Moh. Anwar Sumenep Siap Perkuat Pendidikan Bagi Calon Dokter

Foto: Tim Unisma dan Tim RS Syarifah Ambami Rato Ebu, usai gelar rapat persiapan RSUD dr. H. Moh Anwar Sumenep menjadi wahana pendidikan profesi dokter.

Foto: Tim Unisma dan Tim RS Syarifah Ambami Rato Ebu, usai gelar rapat persiapan RSUD dr. H. Moh Anwar Sumenep menjadi wahana pendidikan profesi dokter.

SUMENEP, (News Indonesia) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Sumenep, Madura, Jawa Timur kini sedang mempersiapkan status untuk menjadi Rumah Sakit (RS) pendidikan.

Demi mempermudah standarisasi sebagai RS Pendidikan, RSUD Moh. Anwar Sumenep telah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Islam Malang (Unisma) pada awal tahun 2022 lalu.

Skema yang disiapkan setelah menjadi rumah sakit pendidikan, RSUD Moh. Anwar Sumenep akan ada lokasi wahana sebagai lahan praktik untuk mahasiswa kedokteran dan sebagainya.

Salah satu keuntungan yang bisa didapat RSUD Moh. Anwar Sumenep, yakni mempermudah dalam menjaring Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempuni di bidang kesehatan. Utamanya pada tenaga dokter terbaik.

Direktur RSUD dr. H. Moh Anwar Sumenep, dr. Erliyati, saat dikonfirmasi melalui Humas RSUDMA Sumenep, Arman Endika Saputra menyampaikan bahwa, RS Pendidikan digagas sebagai upaya dalam meningkatkan pendidikan dokter sekaligus memaksimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Jika ini sudah terealisasi, pastinya akan lebih mudah menjaring dokter terbaik untuk mengabdi di Sumenep. Selain itu ke depan pemuda Sumenep yang ingin kuliah kedokteran tidak akan sulit lagi,” katanya. Rabu, 15 Juni 2022.

Fasilitas penunjang kesehatan serta tenaga pendidik atau mentor dari para dokter dengan sertifikasi mempuni juga telah ada di RSUD Moh. Anwar Sumenep. Saat ini, menurut Arman, pihaknya hanya menunggu petunjuk dari pihak Unisma.

“Rumah sakit kami memiliki banyak tenaga dokter yang standar sertifikasinya mempuni. Tinggal menunggu petunjuk lanjutan misalnya harus akta IV,” jelasnya.

Menurut Arman, sebagai langkah awal menuju RS Pendidikan, RSUD Moh. Anwar Sumenep akan menerima mahasiswa praktek sebanyak 28 orang setiap angkatan.

“Dengan harapan, bisa meningkatkan layanan kesehatan terbaik kepada masyarakat Sumenep,” imbuhnya.

Untuk menunjang terselenggaranya RS pendidikan tersebut, saat ini manajemen RSUD Moh. Anwar Sumenep juga tengah mempersiapkan sarana dan infrastrukturnya. Seperti membangun lokal kelas hingga sarana perpustakaan.

Seluruh fasilitas itu ditargetkan rampung pada akhir tahun 2022 ini. Sehingga tahun 2023 mendatang wahana praktek pendidikan kedokteran di RSUD Moh. Anwar Sumenep sudah bisa diselenggarakan.

“RSUD Sumenep jadi jejaring prakteknya, jejaring utamanya RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu (Syamrabu) Bangkalan,” lugasnya.

Tak lepas dari terwujudnya RS Pendidikan tersebut, pihaknya meminta dukungan penuh dari semua elemen. Utamanya dalam suksesnya proses standarisasi.

“Mohon doanya ya, semoga tahun ini bisa terealisasi,” pungkasnya penuh harap. (*)

Comment