Srikandi Pariwisata asal Gresik Dukung Setigi Juara Nasional Wisata Tangguh Covid-19

Foto: Briani Asta Rina, pemandu wisata ternama kaliber Nasional saat berada di wahana wisata Setigi Gresik.

GRESIK, (News Indonesia) — Pasca dibuka kembali, dukungan untuk wisata Setigi di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur terus mengalir. Dukungan itu hadir dari berbagai pihak, salah satunya pemandu wisata di kabupaten ini.

Seperti yang disampaikan Briani Asta Rina, seorang pemandu wisata kenamaan kelahiran Desa Siwalan, Kecamatan Panceng. Ia mendukung penuh Wisata Setigi bisa kembali bangkit menjelang pelaksanaan new normal life atau tatanan kehidupan baru ini.

Pemandu wisata yang malang melintang di kancah nasional itu mendukung Wisata Setigi bisa merebut juara pada kejuaraan tingkat nasional perihal wisata tangguh Covid-19 yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Tidak sebatas mendukung, bahkan Rina hadir langsung menikmati keindahan Batu Kapur di tempat wisata bekas tambang dan pembuangan sampah tersebut. Tak sebentar, ia hampir 2 jam menikmati keindahan Wisata Setigi.

“Saya seperti terpanggil untuk mendukung Setigi menjadi Juara Nasional, sehingga kian mengharumkan nama Kabupaten Gresik tercinta,” ungkap Rina di tempat Wisata Setigi, Selasa (9/6/2020).

Seperti diberitakan sebelumnya, beberapa waktu lalu, selama dua bulan Wisata Setigi sempat ditutup oleh pemerintah akibat pandemi Corona. Kemudian, menghadapi new normal ini, wisata Batu Kapur perpaduan Honai Papua ini diizinkan beroperasi lagi oleh Pemerintah Kabupaten Gresik.

Saat diizinkan beroperasi, riang kesenangan dirasakan Kepala Desa Sekapuk, Abdul Halim. Ia pun berterimakasih kepada Bupati Gresik, Sambari Halim Rudianto atas izin yang diberikan itu.

Tidak sekedar dibuka, Wisata Setigi ditunjuk sebagai delegasi Kabupaten Gresik untuk mengikuti lomba wisata kelas nasional. Lomba bertema inovasi daerah dalam penyiapan dan rencana pelaksanaan ‘new normal’ yang produktif dan aman Covid-19 yang digelar Kemendagri RI ini pun berhadia cukup besar, yakni Rp 165 M.

Saat membuka wisata itu, Bupati Gresik menghimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap virus yang menyebar hampir di seluruh negara di dunia ini. Kendati demikian, ia meminta masyarakat agar tidak takut dan tidak panik. Karena ia meyakini, Tuhan akan segera mencabut pandemi tersebut.

Saat itu, ia memperkenalkan sejumlah keindahan yang ada di Wisata Setigi. Keindahan itu, mulai dari Pahatan Gerbang Ghoib, Patung Semar, Jembatan Peradaban, Candi Topeng Nusantara, Miniatur Masjid Persia, Air Terjun, Telaga Warna, Nogo Giri Pancoran, Tangga Derajat, Kolam Banyu Gentong, Pemandian Hijabers, serta wahana wisata lainnya.

Ia juga yakin, Wisata Setigi dapat membuat imun seseorang lebih kuat. Dengan demikian, ia meyakini, jika imun seseorang itu kuat, maka tidak akan mudah terpapar Covid-19.

Orang nomor satu itupun juga mengucapkan terimakasih kepada semua elemen. Mulai dari pemerintah, legislatif, elemen Forkopimda, media, Pegiat sosial Panceng Kita, Insan Pariwisata Nusantara, juga pada masyarakat Gresik.

“Mohon doanya semoga Setigi menjadi Juara Nasional sebagai Wisata Tangguh hadapi Covid-19,” kata Sambari Halim Rudianto. [hen/dus]

Loading...

Comment