Dinas Pendidikan Sumenep Gelar Gala Siswa Indonesia Tingkat SMP

Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, Bambang Irianto saat memberikan sambutan dalam pembukaan Gala Siswa Indonesia tingkat SMP, di lapanga mitra desa Kebonagung.

SUMENEP, (News Indonesia) — Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar Gala Siswa Indonesia (GSI) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), Kamis (20/6/2019).

Seleksi GSI dilaksanakan di lapangan sepak bola mitra Desa Kebonagung, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, dengan mengusung tema ‘Pembangunan Karakter Siswa Melalui Ajang Sepak Bola’.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Bambang Irianto menyampaikan, tujuan diadakannya GSI untuk meningkatkan kecintaan dan apresiasi terhadap cabang olahraga sepak bola.

Termasuk mengasah kecakapan kolaboratif dan kooperatif, meningkatkan semangat menjaga kesehatan jasmani, menciptakan kondisi komperatif secara sehat, melatih sportifitas dan tanggung jawab, mengembangkan bakat dan minat siswa.

“Kita inginkan GSI menjadi sarana efektif untuk menunjukkan bakat dan minat pemain sepak bola di masa yang akan datang, serta bisa menjadi wadah untuk membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas kompetisi sepakbola usia muda di Indonesia,” terangnya.

Sementara peserta yang akan mengikuti pertandinagn Liga Sepak Bola tersebut terdiri dari 10 Kecamatan yang ada di Sumenep. “Ada 10 perwakilan Kecamatan yang ada di Kabupaten Sumenep, ini pemain terbaik yang merupakan hasil dar seleksi dari SMP,” imbuhnya.

Ke 10 Kecamatan peserta GSI adalah, Kecamatan Kota Sumenep, terdiri dari pemain-pemain Terbaik yang merupakan hasil seleksi, yang berasal dari SMP Negeri 1 Sumenep, SMP Negeri 2 Sumenep, SMP Negeri 3 Sumenep, SMP Negri 5 Sumenep, SMP Negeri 6 Sumenep, SMP IT Al- Hidayah Sumenep, Kecamatan Kalianget, terdiri dari pemain-pemain terbaik dari SMPN 1 Kalianget dan SMPN 2 Kalianget.

Termasuk Kecamatan Gapura, yang diwakili oleh SMPN 1 Gapura, Kecamatan Dungkek, diwakili oleh SMPN 1 Dungkek, Kecamatan Batang-batang diwakili oleh SMPN 1 Batang-batang, Kecamatan Bluto, diwakili oleh SMPN 1 Bluto, Kecamatan Lenteng, diwakili oleh SMPN 1 Lenteng, Kecamatan Ambunten, diwakili SMP Negri Ambunten, Kecamatan Manding, diwakili SMP Negri 1 Manding, serta Kecamatan Masalembu, diwakili SMP Negri 1 Masalembu.

Mantan Kepala Dinas PRKP dan Cipta Karya Sumenep itu menambahkan, para peserta liga sepak bola ini akan memperebutkan piala bergilir dan tetap bagi para juara.

“Juara I berhak memperoleh piala bergilir dan piala tetap serta uang pembinaan sebesar Rp. 4.000.000,-, untuk juara II berhak mendapatkan piala tetap dan uang pembinaan sebesar Rp. 3.000.000,-, sedangakn juara III bersama, akan mendapatkan piala tetap dan uang pembinaan sebesar Rp. 1.750.000,- dan pada GSI juga akan ditentukan pemain terbaik dan top scorer yang masing masing akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 1.000.000,-,” rincinya.

Pelaksanaan GSI ini akan berlangsung selama 4 hari, dimulai Rabu, 19 Juni 2019, sampai dengan Sabtu, 22 Juni 2019, di lapangan mitra kebunagung. (imam/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here