Bupati Sumenep Kunjungi Korban Kapal Tenggelam, Salurkan Bantuan dan Jamin Pemulangan Jenazah

Bupati Sumenep, A. Busyro Karim bersama Kapolres dan Komandan Kodim mengunjungi para korban selamat yang dirawat di Puskesmas Dungkek. (Foto: Humas Pemkab Sumenep).

SUMENEP, (News Indonesia) — Kecelakaan laut yang terjadi, Senin kemarin (17 Juni 2018) yang menimpa warga Gowa gowa, Kecamatan Raas, menjadi perhatian serius Pemerintah Daerah Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Bupati Sumenep, A. Busyro Karim bersama Kapolres dan Komandan Kodim mengunjungi para korban selamat yang dirawat di Puskesmas Dungkek.

Selanjutnya, Bupati Sumenep bersama rombongan bergeser menuju RSUD dr. H. Mohammad Anwar untuk melihat korban yang meninggal dunia.

Dalam keterangannya, Bupati menyampaikan data yang diterimanya, penumpang selamat berjumlah 39 orang, penumpang meninggal berjumlah 16 orang dan 5 orang masih belum diketemukan (proses pencarian), semua berjumlah 60 orang.

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep bersama Polres Sumenep, Kodim Sumenep, dan Basarnas, beserta semua telah mengambil langkah-langkah untuk penyelamatan, evakuasi dan semacamnya.

“Tadi malam korban meninggal 2 orang, tapi pada pagi ini sudah menjadi 16 orang yang dievakuasi. Pemerintah akan terus melakukan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. bagi penumpang selamat diberikan bantuan-bantuan yang meringankan bebannya,” terangnya. Selasa (18/6/2019).

Politisi senior PKB ujung timur pulau Madura ini menambahkan, ada beberapa penumpang yang sudah ditampung di Dinas Sosial, sementara sebagian korban selamat lainnya memilih tinggal di rumah kerabat yang ada di daratan.

“Sementara ini 7 orang yang mau di tampung Dinas Sosial dan sisanya ikut kerabat yang ada di Sumenep,” imbuhnya.

Lebih lanjut Bupati dua periode ini menyampaikan, bahwa yang didahulukan pada hari ini sampai besok adalah mengembalikan korban meninggal kepada keluarganya, dengan menunggu peti dari Surabaya.

“Kita tinggal nunggu informasi terakhir dari BMKG yang kira-kira aman untuk pemulangan para korban ke rumah duka, terkait dengan kapal yang akan mengangkut jenazah sudah siap,” ungkapnya.

Suami Nurfitriana Busyro ini pun mengimbau kepada masyarakat pemilik kapal untuk mengutamakan keselamatan penumpang dengan membawa pelampung yang telah lama diberikan melalui bantuan Pemerintah Daerah kabupaten Sumenep.

“Pemrintah Daerah tidak jenuh-jenuh untuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang petingnya keamaan perjalanan laut terutama di waktu-waktu cuaca ekstrem,” tegasnya.

Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep menyampaikan bela sungkawa kepada para korban kecelakan laut yang menimpa warga Gowagowa Kecamatan Raas.

“Semoga yang ditimpa musibah diberi kesabaran, atas nama pemerintah kami ingin menyampaikan belasungkawa dan duka yang sedalam dalamnya,” pungkasnya. (imam/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here