Minimalisir Golput, KPU Kota Batu Gembleng 55 Relawan Demokrasi

Heru Joko Purwanto Komisioner KPU Kota Batu
KOTA BATU, (News Indonesia) — Komisi pemilihan Umum (KPU) Kota Batu mengembleng 55 orang Relawan Demokrasi. Pembekalan yang berlangsung di Kantor KPU Kota Batu, Kamis (7/2/2019) diharapkan dapat mendongkrak partisipasi masyarakat dalam pemilih dan meminimalisir terjadinya Golongan putih (Golput).
Heru Joko Purwanto Komisioner KPU kota Batu Devisi SDM dan Parmas mengatakan pembekalan 55 orang relawan demokrasi yang mayoritas Mahasiswa dan Perempuan adalah dalam upaya untuk mendongkrak partisipasi pemilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) serentak yang akan digelar 17 April 2019.
“Pembekalan ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat yang berkuwalitas, meminimalisir terjadinya golput. Mereka nanti juga diharapkan bisa mampu menjalankan agenda sosialisasi KPU pada 10 segmen,” kata Heru Joko Purwanto.
Menurutnya, 10 segmen yang dimaksud adalah meliputi Relawan demokrasi dengan basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, basis kebutuhan khusus, basis kaum marjinal, basis komunitas, berbasis keagamaan, basis warga internet (nitizen) dan basis warga adat dan budaya.
Ia juga mengatakan setelah dilakukan pembekalan ini mereka nantinya aktif bersosialisasi dan mampu menjangkau semua orang calon pemilih. Artinya masyarakat tahu kapan dilaksanakan pemilu serentak.
“Dan apa yang harus dibawa saat akan melakukan pecoblosan di Tempat Pungutan Suara (TPS). Masyarakat tahu larangan dan perintah, mereka tahu berapa jumlah surat suara saat coblosan nanti,” jelasnya.
Sementara itu Salis Aidila Salah seorang Relawan Demokrasi pada basis pemuda mengaku menjadi Relawan Demokrasi ini senang lantaran keinginannya untuk mensuseskan Pemilu serantak terwujudkan.
“Saya senang menjadi relawan demokrasi, karena dengan menjadi mitra KPU saya Ikut bersosialisasi di masyarakat untuk sukseskan pemilu 2019. Meski demikian saya akan bertindak netral dan independen,” ungkapnya. (Wiyono/SI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here